Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Gandeng Kampus Skotlandia Buka Program S2 "Double Degree"

Kompas.com - 14/04/2024, 11:55 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) bekerja sama dengan University of Dundee Skotlandia membuka program gelar ganda atau double degree jenjang S2.

Double degree adalah program perkuliahan yang memungkinkan mahasiswa meraih dua gelar akademis sekaligus atau gelar ganda dalam satu periode studi.

Baca juga: 25 Bidang Ilmu UGM Masuk Pemeringkatan Dunia QS WUR by Subject 2024

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) serta Perjanjian Kerja Sama antara kedua perguruan tinggi, Kamis (7/3/2024) di Gedung Pusat UGM, Yogyakarta.

"Sebuah kehormatan bagi UGM. Semoga program ini dapat memperkaya suasana pembelajaran di kedua perguruan tinggi," kata Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Wening Udasmoro dikutip dari laman resmi UGM.

Dalam MoU tersebut, tercantum bahwa fokus kerja sama antara kedua institusi adalah mengeksplorasi pengembangan proyek penelitian dan pembelajaran kolaboratif, pertukaran mahasiswa dalam program-program penelitian dan pembelajaran, serta mempromosikan aktivitas pengajaran, penelitian, dan kegiatan akademik.

Wening menuturkan, sebagai salah satu negara dengan kekayaan biodiversitas terbesar, Indonesia bisa menjadi tujuan yang menarik untuk melakukan studi dan riset khususnya di bidang ilmu alam.

Ia pun berharap kolaborasi kedua institusi ini dapat memfasilitasi lebih banyak mahasiswa dan peneliti dari University of Dundee untuk datang ke UGM dan sebaliknya.

Baca juga: Berapa Biaya Kuliah UGM Per Semester? Cek Semua Jalur Masuk

"Kami bisa berbagi banyak hal, dan akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk bisa melihat bagaimana negara lain punya hal-hal khusus yang bisa ditunjukkan," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Principal dan Vice-Chancellor University of Dundee, Prof. Iain Gillespie, menyatakan kekagumannya akan potensi yang dimiliki Indonesia dan UGM.

Menurutnya, UGM menjadi mitra yang tepat bagi University of Dundee karena memiliki komitmen yang sama untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat.

"Kami bukan sekadar mencari universitas yang terbaik, tetapi universitas yang memiliki nilai yang sama dengan kami, yang memiliki kepedulian bagaimana membuat masyarakat di sekitar kita menjadi lebih baik," ungkapnya.

"Bersama-sama kita bisa membuat perubahan di dunia. Inilah hal yang paling kami nantikan, mari melangkah maju bersama," ucap Prof. Gillespie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com