Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Versi Tulisan Tangan Soekarno dan Ketikan Sayuti Melik

Kompas.com - 16/08/2022, 14:47 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi siswa yang masih sekolah tentu harus paham seperti apa teks proklamasi kemerdekaan Indonesia. Naskah atau teks tersebut bahkan kini menjadi benda cagar budaya.

Berbicara teks proklamasi tentu menyangkut dengan kemerdekaan bangsa Indonesia yang menjadi peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Sebab, teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan pertama kali oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945 pada pukul 10.00 WIB juga dibuat semalaman, atau tidak membutuhkan waktu berhari-hari.

Baca juga: Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Sempat Dibuang di Keranjang Sampah

Melansir laman Cagar Budaya Kemendikbud Ristek, teks ini merupakan hasil ketikan naskah tulisan tangan Soekarno yang disetujui oleh peserta sidang perumusan proklamasi atas usul Soekarni.

Teks ditandatangani di rumah kediaman Laksamana Muda Tadashi Maeda yang sekarang menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi yang berkedudukan di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat.

Tentunya, dari peristiwa ini menjadi awal titik baru bagi Indonesia untuk bisa terlepas dari penjajahan. Hingga dapat mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Isi teks proklamasi kemerdekaan Indonesia

Adapun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ditulis tangan oleh Ir. Soekarno yang dirumuskan pada 17 Agustus 1945 dini hari.

Naskah tersebut dirumuskan oleh 3 orang yaitu Soekarno, Mohammad Hatta, dan Ahmad Soebardjo. Paragraf pertama diusulkan oleh Ahmad Soebardjo, paragraf kedua merupakan usulan Mohammad Hatta.

Selanjutnya naskah ini dimintakan persetujuan kepada sidang yang seluruhnya berjumlah lebih kurang 40 orang. Naskah kemudian disalin oleh Sajuti Melik menggunakan mesin tik.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Peristiwa Perumusan Naskah Proklamasi Kemerdekaan

Ternyata, naskah tulisan tangan ini sempat dibuang karena dianggap tidak diperlukan lagi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.