Kompas.com - 17/08/2022, 18:14 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebagai bagian memperingati HUT ke-77 RI, enam pelajar terbaik asal Indonesia menjadi wakil Indonesia pada ajang berkelas dunia, Worlds Schools Debating Championship (WSDC) 2022 di Belanda.

Kejuaraan debat antar sekolah menengah tingkat internasional tersebut dilaksanakan secara daring pada 7-16 Agustus 2022.

Baca juga: Mahasiswa Lakukan Perpeloncoan, Rektor Undip: Saya Langsung Drop Out

Sebanyak 6 pelajar, terdiri dari 5 orang tim utama dan 1 orang cadangan.

Lima orang tim utama adalah Collin Marvel Junus (Jakarta Intercultural School), Shafira Novianti Adi Dwi Putri (Surabaya Intercultural School), Bonfillio Dazzle Valeriano Gyula (SMA ACS Jakarta), Aurellia Sherlina Siswanto (SMAN 1 Mataram), dan Rico Chandra (Bina Bangsa School PIK Jakarta).

Sedangkan satu orang cadangan adalah Nadyne Apung dari Jakarta Intercultural School.

Plt. Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek, Asep Sukmayadi mengatakan, 6 pelajar yang dikirim adalah pelajar terbaik yang telah melewati serangkaian seleksi.

"Kita mengirimkan enam pelajar terbaik yang telah melewati serangkaian seleksi. Ajang ini juga merupakan ajang yang bergengsi di tingkat dunia. Buktikan di bulan kemerdekaan ini tim Indonesia mampu memberikan yang terbaik," kata dia dalam keterangannya, Rabu (17/8/2022).

Adapun WSDC merupakan kejuaraan debat sekolah menengah berbahasa Inggris yang diselenggarakan di seluruh dunia telah terlaksana sejak 1988.

Kejuaraan ini menampilkan banyak tim yang saling berhadapan untuk memperdebatkan masalah sosial, moral, dan politik.

Baca juga: Anak Kecanduan Konten Pornografi? Ini 3 Dampak Buruknya

Salah satu pelajar bernama Collin Marvel Junus mengaku, tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk mencapai keunggulan dalam berdebat, mendorong debat di seluruh dunia, mempromosikan pemahaman internasional, dan mempromosikan kebebasan berbicara.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.