Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Dewa dan Akbar, Pelajar Disabilitas Ikut UTBK 2024 di Unesa

Kompas.com - 05/05/2024, 11:02 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

Akbar Pratama, peserta tunadaksa didampingi dua mahasiswa pendamping dari PLB; Mutia Juli Saputri dan Steffany Amelia menuju lokasi tes UTBK, Kamis (2/5/2024)Dokumen Unesa Akbar Pratama, peserta tunadaksa didampingi dua mahasiswa pendamping dari PLB; Mutia Juli Saputri dan Steffany Amelia menuju lokasi tes UTBK, Kamis (2/5/2024)

KOMPAS.com - Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 juga diikuti oleh calon mahasiswa berkebutuhan khusus atau disabilitas.

Contohnya di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), pada UTBK 2024 yang digelar Kamis (2/5/2024) lalu, total ada sembilan siswa disabilitas yang ikut ujian.

Salah satunya adalah, Pria Asmara Dewa pelajar asal Kenjeran, Surabaya yang ikut UTBK 2024 di Unesa dan ini menceritakan persiapannya mengikuti tes.

"Banyak yang sudah saya siapkan, mulai dari mencari materi apa saja yang diujikan. Saya juga dibantu saudara dan belajar secara mandiri juga," kata Dewa dikutip dari laman resmi Unesa, Sabtu (4/5/2024).

Baca juga: 20.775 Peserta Ikut Pelaksanaan UTBK 2024 di Universitas Brawijaya

Belajar lewat YouTube

Selama persiapan, Dewa kerap belajar dengan memanfaatkan platform pemutar video daring seperti YouTube dan sebagainya.

Setiap hari Dewa juga mempelajari beberapa materi dengan bantuan aksesibilitas di gawainya yang akan semakin memudahkan dalam belajar.

Pada UTBK 2024 ini, Dewa memilih program studi(Prodi) S1 Pendidikan Luar Biasa dan S1 Bimbingan Konseling.

Ibuda Dewa, yakni Nuning Indra Susanti mengatakan anaknya menyebut sangat antusias menyambut UTBK karena akan menjadi pengalaman yang sangat berarti.

"Awalnya dia (Dewa) memang sedikit pesimis, tapi keinginan taunya dari beberapa teman dan sepupunya tentang kuliah ini mendorong semangatnya dalam ikut seleksi ini. Saya juga mendampingi dan memberikan motivasi," ujar Nuning.

Baca juga: Cek Nilai UTBK Tertinggi yang Lolos di 8 PTN, Mulai UI, UGM, ITB

Selain Dewa, pelajar disabilitas tunadaksa asal Benowo, Surabaya Akbar Pratama juga hadir menggunakan kursi roda demi mengikuti UTBK.

Akbar memang memiliki tekad kuat untuk kuliah dan mengembangkan diri di perguruan tinggi.

"Awalnya sempat tidak semangat, tetapi setelah dapat informasi kalau ada kampus yang ramah disabilitas dan ada pendampingnya, saya tertarik untuk kuliah dan ikut tes hari ini. Semoga hasilnya maksimal," tutur Akbar.

Baca juga: Unpad Ungkap Banyaknya Pelanggaran Saat UTBK 2024, Apa Saja?

Akbar, mengaku sangat ingin kuliah di Unesa dengan memilih prodi S1 Psikologi atau S1 Pendidikan Sejarah.

Oleh karena itu, dia melakukan persiapan ujian jauh-jauh hari dan berharap, hasilnya bisa membawanya menjadi mahasiswa Unesa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com