8 Siswa RI Hadapi 349 Pelajar dari 89 Negara di Olimpiade Informatika Internasional 2022

Kompas.com - 10/08/2022, 16:04 WIB

KOMPAS.com - Mengusung tema “Digital Energy of Asia”, International Olympiad in Informatic (IOI) ke-34 resmi dibuka.

Kota Pelajar, Yogyakarta menjadi panggung salah satu olimpiade tertua ke-4 tersebut yang berlangsung pada 7-15 Agustus 2022.

IOI merupakan ajang kompetisi internasional paling bergengsi di bidang informatika untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengajak para peserta IOI 2022 untuk bangun kolaborasi lintas negara dan budaya.

Baca juga: Hanya 20 dari 4.500 Kampus Indonesia Masuk Ranking Dunia, Ini Kata Kemendikbud

Nadiem menjelaskan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi di masa depan akan membutuhkan generasi muda yang tidak hanya cerdas dan kreatif, tetapi juga mampu berkolaborasi dengan semangat Kebinekaan.

“Di masa depan teknologi informasi akan berkembang dan berekspansi dengan jauh lebih cepat dan jauh lebih masif, sehingga kita membutuhkan talenta-talenta digital yang cerdas, kreatif, dan mampu berkolaborasi dengan semangat kebinekaan,” ujar Nadiem saat membuka IOI 2022 di ISI Yogyakarta, Selasa (9/8/2022), dilansir dari laman Kemendikbudristek.

8 siswa SMA yang wakili Indonesia

IOI ke-34 ini diikuti oleh 536 peserta dari 90 negara. Jumlah ini merupakan jumlah negara terbanyak selama penyelenggaraan IOI. Peserta terdiri dari 357 pelajar yang berkompetisi dan 179 orang leader, team leader, pendamping dan tamu undangan lain.

Baca juga: Cara Cek Siswa Penerima Bantuan Kartu Indonesia Pintar SD-SMA 2022

Sejumlah 414 peserta dari 72 negara hadir di Yogyakarta untuk berpartisipasi secara luring dan 122 peserta dari 18 negara berpartisipasi secara daring dari negara masing-masing.

Sebagai tuan rumah, tahun ini Indonesia berkesempatan mengirimkan dua tim (Tim Indonesia I dan II) yang masing-masing terdiri dari empat orang.

Tim I terdiri dari:

  1. Albert Yulius Ramahalim dari SMA Katolik Ricci I Jakarta Barat
  2. Juan Carlo Vieri dari SMA Intan Permata Hati Surabaya
  3. Maximilliano Utomo dari SMA Xin Zhong Surabaya
  4. Joseph Oliver Lim dari SMAK 1 Penabur Jakarta

Sedangkan Tim II terdiri dari:

  1. Albert Ariel Putra dari SMA Kristen Petra 4 Sidoarjo
  2. Matthew Allan dari SMA Kanisius Jakarta
  3. Andrew dari SMA S Sutomo 1 Medan
  4. Vannes Wijaya dari SMAN 8 Pekanbaru

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 2022 Lulusan SMA-SMK, D1-S1 di 32 Wilayah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.