Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 16/01/2023, 10:13 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Bisa langsung bekerja setelah lulus kuliah sesuai kompetensi yang dimiliki merupakan salah satu impian mahasiswa.

Memilih jurusan kuliah yang lulusannya banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan atau meningkatkan kompetensi agar sesuai kebutuhan dunia kerja, bisa menjadi beberapa cara untuk mewujudkannya.

Melansir dari laman Sekolah Tinggi Bahasa Asing LIA (STBA LIA), Rabu (10/8/2022), ada beberapa jurusan kuliah yang paling banyak dicari perusahaan. Ini bisa menjadi referensi bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan tinggi.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Jurusan kuliah paling banyak dicari perusahaan

1. Kedokteran

Sejak dulu, Fakultas Kedokteran banyak diminati calon mahasiswa. Salah satu penyebabnya karena lulusan Fakultas Kedokteran banyak dibutuhkan dan banyak dicari setelah lulus.

Jenjang karier lulusan kedokteran juga cukup menjanjikan. Selain kamu bisa membuka praktik, kamu juga bisa membuka layanan konsultasi online.

2. Akuntansi dan keuangan

Jurusan kuliah lainnya yang paling banyak dicari perusahaan adalah bidang akuntansi atau keuangan. 

Pasalnya, setiap perusaahan akan membutuhkan seorang akuntan. Peluang karier lulusan jurusan ini juga terbuka lebar. Mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan, hingga manajer perpajakan.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Jurusan DKV di ITS, Binus, dan Trisakti 2022

3. Sastra atau bahasa asing

Di era globalisasi, lulusan yang ahli bahasa asing juga banyak dicari perusahaan. Hal ini terlihat dari banyaknya lowongan kerja yang mencari kandidat dengan keahlian berbahasa asing.

Hal inilah yang membuat jurusan bahasa asing, seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, atau bahasa Jepang masuk ke dalam jurusan yang banyak dicari di dunia kerja nantinya.

Prospek pekerjaan lulusan bahasa asing juga tidak hanya sekadar sebagai penerjemah. Tapi juga bisa menjadi jurnalis, interpreter, hingga staf diplomatik.

4. Teknik informatika

Saat ini zaman sudah serba digital. Sehingga lulusan ilmu komputer dan teknik informasi menjadi jurusan yang cukup primadona. Semakin banyak perusahaan yang mencari lulusan jurusan ini.

Peluang kerja lulusan jurusan informatika di era teknologi seperti sekarang ini cukup banyak, mulai dari programmer, web developer, hingga software developer.

Baca juga: 5 PTN dengan Fakultas Hukum Terbaik Pencetak Advokat Ternama

5. Psikologi

Jurusan yang banyak dicari di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan psikologi. Pasalnya kemampuan seorang psikolog makin dibutuhkan karena makin banyak yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental.

Peluang kerja lulusan psikologi tidak hanya sekedar menjadi psikolog, tapi juga sebagai asesor, konsultan pendidikan, dan personalia.

6. DKV atau Desain Komunikasi Visual

Mahasiswa lulusan DKV juga menjadi jurusan paling banyak dicari perusahaan. Jurusan DKV juga banyak dipilih para mahasiswa karena banyak prospek kerjanya. Terutama di era industri 4.0 seperti saat ini.

Baca juga: 6 Beasiswa S1-S3 Khusus bagi Kalangan Perempuan, Tertarik Daftar?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com