Kompas.com - 10/08/2022, 11:40 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Dr. Sandiaga Uno berkesempatan memberikan kuliah umum kepada seluruh sivitas akademika Universitas Jember yang hadir di Auditorium Universitas Jember, Minggu (7/8/2022).

Dalam acara kuliahan umum yang diselenggarakan secara luring tersebut, Sandiaga Uno menyampaikan materi dengan tema "Digitalisasi Potensi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif".

Baca juga: Kasus Mafia Tanah, Guru Besar Unpad: Itu karena Aturan Tumpang Tindih

Acara kuliah umum itu dibuka oleh Rektor Universitas Jember (Unej) Dr. Iwan Taruna.

Saat sambutan, Iwan Taruna mengungkapkan, Unej sadar betul atas potensi generasi milenial, khususnya mahasiswa Universitas Jember yang sangat menguasai dunia digital.

Oleh karena itu, sebuah penghargaan atas kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) untuk memberikan kuliah umum agar mendapatkan pencerahan dan pemahaman terkait dengan potensi pariwsiata dan ekonomi kreatif.

"Unej berkomitmen memberdayakan sektor pariwisata dengan melakukan pendampingan dan pengembangan desa-desa wisata melalui riset dan KKN tematik," ucap dia melansir laman Unej, Rabu (10/8/2022).

Bahkan, Unej sedang berupaya meningkatkan kapasitas petani kopi, agar memenuhi standar internasional. Ujung-ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan petani kopi

Sandiaga Uno menjelaskan, sektor ekonomi kreatif telah berkontribusi Rp 1.300 triliun atau 7,5 persen dari PDB. Dan Indonesia saat ini berada di posisi 5 besar dunia.

Hanya kalah dengan Amerika Serikat (Hollywood) dan Korea Selatan (K-Pop dan drakor).

Potensi ekonomi digital di Indonesia, sebut dia, juga sangat besar karena ada 210 juta pengguna aktif internet, 191 juta pengguna aktif media sosial, dan ada 77 persen angka penetrasi internet.

Baca juga: Guru Besar IPB Ini Soroti Dampak Kenaikan Tarif Masuk Pulau Komodo

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.