Kompas.com - 10/08/2022, 15:59 WIB

KOMPAS.com - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada (Fisipol UGM) Wawan Mas’udi meluncurkan Learning Management System Fisipol Online Campus (LMS Focus).

Inovasi ini menjadi sistem pembelajaran daring yang dibentuk untuk memberikan akses perkuliahan gratis kepada publik.

Wawan mengatakan, LMS Focus bisa menjadi wadah pembelajaran secara mandiri melalui metode hibrid antara daring dan luring serta memadukan pembelajaran sinkron dan asinkron.

Menurutnya, LMS Focus merupakan inovasi baru yang dikembangkan Fisipol UGM bekerja sama dengan alumni.

Baca juga: Intip 8 Jurusan Kuliah Paling Banyak Dicari Perusahaan

Keunggulan LSM Focus UGM

Wawan menerangkan, pengembangan ini LSM Focus dilakukan untuk menghadirkan sebuah sistem pendidikan dan pembelajaran bersifat inklusif, menjangkau semua kalangan, adaptif, fleksibel dan lincah.

"Semua perguruan tinggi dihadapkan pada tantangan tersebut. Karenanya kita juga harus siap dengan segala perubahan itu dari sisi akademik dan praktis," urai Wawan seperti dikutip dari laman UGM, Rabu (10/8/2022).

Peluncuran Fisip UGM ini disaksikan secara daring oleh Menteri Sekretaris Negara Menteri Sekretaris Negara Prof. Pratikno dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, platform sistem pembelajaran yang dikembangkan Fisipol UGM sangat relevan pada kondisi saat ini di tengah dunia menghadapi disrupsi teknologi digital.

"Disrupsi saat ini sudah terjadi di bidang media, lalu kesehatan dan lebih jauh lagi di bidang lainnya. Kita tidak ingin potensi digitalisasi di Indonesia ini justru gagal. Kita bisa optimalkan untuk bangsa kita sendiri," papar Erick.

Baca juga: Beasiswa S1 ke Australia, Bisa Bebas Biaya Kuliah

Perguruan tinggi harus berinovasi di era digital

Erick Tohir menyampaikan, setiap perguruan tinggi harus bisa berinovasi dan bertransformasi untuk mengoptimalkan potensi ekonomi digital agar Indonesia bisa berdaulat dalam ekosistem digital di negeri sendiri.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.