Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warek Kalbis Institute: SDGs Juga Tanggung Jawab Masyarakat Akademik

Kompas.com - 25/02/2022, 22:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Program Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan bukan hanya menjadi tanggung jawab negara, melainkan tanggung jawab bersama, termasuk di antaranya masyarakat akademik (civitas academica).

”SDGs merupakan agenda bersama negara-negara di dunia, termasuk Indonesia di dalamnya. Sebagai Warga Negara Indonesia, civitas academica ikut bertanggung jawab untuk ikut dalam tercapainya tujuan-tujuan SDGs di tahun 2030," tegas Hastanti Retno Krisna Sari, Wakil Rektor I Bidang Akademik Kalbis Institute melalui rilis resmi (25/2/2022).

Terkait hal itu, Dewi menyampaikan Kalbis Institute memasukkan SDGs ke dalam program di lingkungan kampus.

SDGs sendiri merupakan agenda yang dibuat oleh United Nation (UN) atau Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tahun 2015 dan ditargetkan untuk tercapai pada tahun 2030.

Adapun tujuan program SDG terdiri atas 11 area program yaitu Tanpa Kemiskinan, Tanpa Kelaparan, Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Berkualitas, Kesetaraan Gender, Air Bersih dan Sanitasi Layak, Energi Bersih dan Terjangkau, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, Industri, Inovasi, dan Infrastruktur, Berkurangnya Kesenjangan, Kota dan Permukiman Berkelanjutan, Konsumsi dan Produksi Berkelanjutan, Penanganan Perubahan Iklim, Ekosistem Lautan, Ekosistem Daratan, Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh, dan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Lebih jauh Dewi mengungkapkan, kampusnya memilih 6 dari 17 tujuan SDG yang dapat diimplementasikan di lingkungan kampus yaitu kehidupan sehat dan sejahtera, air bersih dan sanitasi layak, konsumsi dan produksi keberlanjutan, ekosistem lautan, ekosistem daratan, dan kemitraan untuk mencapai tujuan.

"Saat ini, Kalbis Institute sedang dalam proses persiapan pelaksanaan program Waste Management dan Water Redemption. Dalam pelaksanaan Waste Management, seluruh sivitas Kalbiser bertanggung jawab dalam pemilahan limbah padat berdasarkan jenisnya sehingga limbah dapat diolah berdasarkan jenisnya," jelas Dewi.

Baca juga: 200 Pelajar dan Aktivitas Muda Ikut Dialog Pembangunan Bekelanjutan

Dalam hal ini, Kalbis Institute mengimplementasikan tujuan kehidupan sehat dan sejahtera, dan ekosistem daratan dalam SDGs karena pemilahan sampah membuat lingkungan lebih terorganisir dan mengurangi beban Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Selain itu, seluruh sivitas Kalbiser juga bertanggung jawab untuk melakukan konsumsi secukupnya dan kemudian berakhir pada berkurangnya sampah yang dihasilkan. Dengan melakukan hal tersebut, Kalbis Institute mengimplementasikan tujuan konsumsi dan produksi berkelanjutan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com