Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penutupan FSB 2022 dan Harapan Siswa Berinovasi Tanpa Batas

Kompas.com - 25/02/2022, 18:05 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Festival Sains dan Budaya (FSB) yang digelar Eduversal Indonesia telah resmi berakhir pada Minggu, 20 Februari 2022. FSB mempertemukan dua kompetisi besar tahunan yaitu Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (Osebi).

"Sesuai tema FSB 2022, 'Pulihkan Negeri dengan Prestasi' pesan kami sebenarnya cukup terwakili dengan tema tersebut," ungkap Direktur Eduversal Indonesia Dwi Prajitno Wibowo saat dihubungi Kompas.com (25/2/2022).

Dwi menyampaikan, tahun ini adalah tahun keeempat FSB diselenggarakan dan tahun kedua FSB diselenggarakan secara daring sebagai dampak pandemi yang tidak memungkinkan penyelenggaraan kegiatan masal secara offline.

"Semangat kami selalu sama, pandemi bukanlah halangan bagi anak-anak untuk mengukir prestasi, meskipun sudah memasukai tahun ketiga wabah Covid-19 di Indonesia, yang mengakibatkan banyak hal mengalami penyesuaian atau kadang bahkan banyak kegiatan dihentikan, tetapi tidak untuk pendidikan," tegas Dwi.

Komitmen inilah yang kemudian mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang turut memberikan testimoni dalam seremoni penutupan.

Ganjar juga mengucapkan selamat kepada para peserta dan mengatakan FSB 2022 adalah awal mula keseriusan peserta untuk mempelajari serta mendalami sains dan budaya.

Dalam kesempatan sama, Prof. Riri Fitri Sari, Presiden ISPO menyampaikan FSB 2022 merupakan FSB yang ke-4, acara ini mempertemukan dua program besar tahunan yaitu Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (Osebi).

"Diharapkan dengan ajang ini para peserta mampu berkreasi dan berinovasi tanpa batas," tambah Prof. Riri.

Baca juga: Puncak Prestasi Talenta 2021, Puspresnas: Kita Memiliki 466 Ribu Pasukan Talenta Unggul

Senada dengan itu, Prof. Liliana, Presiden Osebi mengatakan penyatuan kegiatan ini memungkinkan peserta menyelaraskan serta mengasah otak kiri dan otak kanan.

Tak ketinggalan, Ivanka Slank juga turut mengucapkan selamat kepada para peserta dan peraih medali. Selain itu Ivanka juga berharap bahwa para peserta FSB tetap semangat mengukir prestasi karena masa depan dunia ada di tangan mereka.

Ragam kategori lomba

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com