Kompas.com - 28/01/2022, 10:48 WIB

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) siap melaksanakan kuliah hybrid, kuliah daring dan kuliah luring pada semester genap tahun akademik 2022/2023.

Namun, perkuliahan di Undip ini diselenggarakan dengan tetap melihat perkembangan kasus Covid-19 varian baru Omicron, khususnya di kawasan Semarang.

Undip akan tetap mengutamakan prinsip bersyarat dan bertahap yang merujuk pada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Misalnya, memperoleh izin dari pemerintah daerah atau Satgas Covid-19, mahasiswa mendapat izin dari orang tua, dan telah dinyatakan negatif Covid-19 atau sudah divaksinasi Covid-19.

Baca juga: Beasiswa S2 di Swedia 2022, Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 15 Juta Per Bulan

Sedangkan Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022 telah sesuai dengan Surat Edaran Nomor 4 tahun 2022.

Undip juga memberikan prinsip kebijakan beberapa pembelajaran pada semester genap tahun akademik 2021/2022. Di antaranya sebagai berikut:

Kuliah daring atau online

Perkuliahan yang dilaksanakan secara daring, maka seluruh peserta perkuliahan mengikutinya secara daring.

Kuliah hybrid

Kuliah ini, dilakukan dengan ketentuan antara lain menerapkan protokol kesehatan bagi yang hadir di kelas dengan cara mengukur suhu badan, mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak minimal 1,6 meter.

Dosen juga wajib hadir di kelas dan mahasiswa dapat mengikuti secara luring atau daring, jumlah mata kuliah setiap program studi yang dilaksanakan secara hybrid sebanyak-banyaknya 5 mata kuliah dengan kelas paralel maksimum 2 kelas untuk mata kuliah yang sama. Mahasiswa yang mengikuti kuliah hybrid secara luring wajib mendaftar secara khusus mengikuti perkuliahan secara luring.

Baca juga: Mahasiswa S1 Butuh Biaya Kuliah? Beasiswa Cargill Beri Tunjangan Rp 35 Juta

Sementara untuk yang mengikuti kuliah hybrid secara daring tidak perlu melakukan pendaftaran mengikuti perkuliahan secara luring. Jumlah peserta luring dalam kelas hybrid luring sebanyak-banyaknya 30 persen dari kapasitas kelas normal.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.