Kompas.com - 28/01/2022, 07:06 WIB

KOMPAS.com - Program vaksinasi Covid-19 dari pemerintah terus digenjot. Setelah pemberian vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua kepada masyarakat secara bertahap, saat ini pemerintah menggencarkan vaksin booster.

Pemberian vaksin booster Covid-19 ini bertujuan untuk meningkatkan proteksi terhadap individu terutama bagi masyarakat yang rentan terpapar virus corona.

Terlebih saat ini kasus positif Covid-19 varian Omicron terus meningkat. Sehingga pemerintah berupaya agar tidak terjadi lonjakan Covid-19 yang signifikan seperti pertengahan tahun 2021 silam.

Vaksin booster ini perlu dilakukan mengingat setelah mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap, menunjukkan terjadi penurunan antibodi setelah 6 bulan.

Baca juga: Dokter RSND Undip: Perbaikan Gizi Kunci Cegah Stunting dan Obesitas

Hal yang perlu diperhatikan saat menerima vaksin booster

Menurut Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Ira Purnamasari, bagi masyarakat yang akan mendapatkan vaksin booster Covid-19 perlu memperhatikan beberapa hal supaya vaksin dapat bekerja semaksimal mungkin.

"Sama halnya seperti vaksinasi dosis 1 dan 2, vaksinasi booster Covid-19 juga berisiko menyebabkan KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi," urai Ira seperti dikutip dari laman UM Surabaya, Jumat (27/1/2022).

Ira mengungkapkan, KIPI ini bisa terjadi apalagi ketika kondisi tubuh tidak cukup sehat saat menerima vaksin booster Covid-19.

Baca juga: Selain KIP Kuliah, Mahasiswa Bisa Manfaatkan 4 Program Beasiswa Ini

Maka akan muncul beberapa efek samping seperti nyeri di bagian bekas suntikan, nyeri sendi, demam, meriang hingga mual.

Ira menjelaskan, masyarakat perlu memperhatikan beberapa hal saat akan menerima vaksin booster Covid-19. Salah satu hal yang penting dilakukan yakni dengan menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

Tetap terapkan protokol kesehatan

Selain itu sebelum menerima vaksin booster juga penting untuk mengonsumsi makanan bernutrisi, minum air mineral minimal 2 liter per hari dan tidur yang cukup.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.