Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fikes UPN Veteran Jakarta dan Dinkes Kota Depok Gelar "Pentahelix Sigap Sehati"

Kompas.com - 09/05/2024, 18:11 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) UPN "Veteran" Jakarta berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kota Depok menyelenggarakan "Pentahelix Sigap Sehati". Kegiatan fokus pada penyuluhan kesehatan dan survei perilaku merokok.

Kegiatan menargetkan 2.440 siswa SD/SMP/SMA di Kota Depok, Jawa Barat dan berlangsungpada 2-7 Mei 2024. Pentahelix Sigap Sehati merupakan kolaborasi pentahelix, yaitu pemerintah, akademisi, media, komunitas, dan pengusaha mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Kegiatan ini sejalan dengan upaya optimalisasi bonus demografi dan pembangunan manusia Indonesia unggul, berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Penyuluhan dan survei ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dini kebiasaan merokok pada anak-anak," ujar Agus, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Fikes UPN Veteran Jakarta (9/5/2024).

Dia menegaskan kegiatan ini sekaligus menjadi upaya optimalisasi bonus demografi mewujudkan manusia Indonesia unggul, berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai perwujudan pilar pembangunan Indonesia Emas 2045.

"Harapannya, generasi muda terhindar dari bahaya merokok dan dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045," tambah Agus.

Hal senada disampaikan Dekan Fikes UPN Veteran Jakarta, Desmawati menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi nyata perguruan tinggi kepada masyarakat.

"Keberadaan akademisi dari universitas seharusnya bisa dirasakan kebermanfaatnya secara langsung oleh masyarakat. Pentahelix ini ditujukan selain untuk bermanfaatnya ilmu para dosen dan mahasiswa untuk masyarakat dan membantu program pemerintah bidang kesehatan, juga untuk pemenuhan target PK IKU,” tambahnya.

"Selain bermanfaat bagi masyarakat, Pentahelix Sigap Sehati juga membantu program pemerintah bidang kesehatan dan pemenuhan target PK IKU bagi dosen dan mahasiswa," jelas Desmawati.

Perilaku merokok pada siswa

Kegiatan Pentahelix Sigap Sehati diselenggarakan di 63 SD Kota Depok. Satu kegiatan dilakukan adalah pengukuran CO kepada siswa untuk mengetahui perilaku merokok. Penyuluhan tentang hidup sehat dilakukan dosen Fikes UPN Veteran Jakarta.

Fakultas Ilmu Kesehatan melibatkan para dosen dan mahasiswa yang bersama-sama dengan personil UPTD Puskesmas di Kota Depok melakukan screening perilaku merokok pada siswa sekolah dasar.

“Salah satu kegitan pada pentahelix kali ini adalah pemeriksaan kadar CO menggunakan smokerlizer pada anak Sekolah dasar negeri kelas 4, 5 dan 6 untuk mengetahui perilaku merokok," ungkap Heri Wibisono, Dosen Fisioterapi Fikes UPN Veteran Jakarta.

"Hasil temuan perilaku merokok dipengaruhi oleh ajakan teman dan pengaruh keluarga,” ungkap Heri.

Baca juga: Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Indonesia Gelar Aksi Bela Palestina, Mahasiswa hingga Dosen Turun ke Jalan

Salah satu kepala Sekolah Dasar di Depok mengutarakan kesannya bahwa dengan adanya kegiatan ini, para siswa dapat memulai hidup sehat sebagai bekal dan modal mewujudkan cita-cita di masa depan mereka.

Pentahelix Sigap Sehati melibatkan berbagai pemangku kepentingan yakni Pemerintah Kota Depok, Dinas Kesehatan Kota Depok, Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta, PT BTL Indonesia, PT Quaker Indonesia, Evolution Wellness Indonesia, media, masyarakat dan komunitas Kota Depok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com