Kompas.com - 21/01/2022, 15:16 WIB
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam sambutan penetapan Gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO (15/12/2021). DOK. KEMENDIKBUD RISTEKMendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam sambutan penetapan Gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO (15/12/2021).

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim menyapa sekaligus menyampaikan sejumlah pesan kepada calon mahasiswa baru yang akan mengikuti seleksi perguruan tinggi di tahun 2022.

Nadiem menyampaikan sejumlah pesan, mulai dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bisa diikuti oleh mahasiswa hingga program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka yang menawarkan bantuan uang kuliah hingga biaya hidup yang lebih besar.

"Senang sekali saya bisa menyapa adik-adik calon mahasiswa di seluruh wilayah Indonesia dan saya yakin sudah semangat untuk merasakan seperti apa rasanya menjadi anak kuliah," papar Nadiem secara daring, Jumat (21/1/2022).

Baca juga: 10 Kampus Swasta Buka Beasiswa 2022, Bebas Uang Kuliah hingga 100 Persen

Ia berpesan agar calon mahasiswa perlu melakukan persiapan sebelum kuliah, termasuk mengikuti UTBK dan SBMPTN yang akan berlangsung di bulan Maret sampai April 2022.

"Saya yakin kalau adik-adik mempersiapkan diri dengan baik, pasti kalian bisa mengikuti seleksi dengan baik dan hasilnya sesuai dengan yang kalian harapkan," harapnya.

KIP Kuliah Merdeka 2022 dan Program Kampus Merdeka

Menurut Nadiem, kuliah merupakan waktu yang paling pas untuk mengembangkan potensi dan minat. Apalagi saat ini sudah ada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang bisa diikuti oleh semua mahasiswa Indonesia.

"Jadi misalnya sekarang adik-adik diterima di jurusan ekonomi, tapi juga kalau mau belajar Sastra Indonesia, kalian bisa mengurus kuliah di lintas program studi. Lalu ada juga program belajar di luar kampus, menu programnya ada magang, ada studi independen, ada mengajar di SD dan SMP, sampai dengan pertukaran mahasiswa," terang dia menjelaskan sejumlah program Kampus Merdeka.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah SNMPTN dan SBMPTN bagi Calon Mahasiswa

"Para peserta kampus merdeka mendapatkan uang saku, mendapatkan jaminan transfer SKS, dan karena ini menurut saja tidak alasan untuk tidak ikut," imbuh dia.

Terkait dengan biaya kuliah, Nadiem menyampaikan bahwa kini peluang meraih pendidikan tinggi semakin terbuka lebar dengan beragam beasiswa.

Ia mengatakan, calon mahasiswa bisa memanfaatkan Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah Merdeka, yang berasan bantuan biaya hidup dan uang kuliahnya lebih besar lagi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.