Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2022, 08:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 10 (sepuluh) Perguruan Tinggi Swasta membuka kesempatan kuliah gratis bagi lulusan dan siswa SMA/SMK sederajat melalui program Quipper Scholarship Award (QSA) 2022.

Pendaftaran program beasiswa QSA 2022 secara resmi telah dibuka dengan periode pendaftaran mulai dari 3 Januari hingga 18 Maret 2022.

Pada ajang QSA 2022, beasiswa diberikan senilai miliaran rupiah akan disalurkan untuk ratusan siswa di Indonesia dalam bentuk partial scholarship (beasiswa sebagian) hingga full scholarship (beasiswa penuh).

QSA 2022 bertujuan untuk mendukung keberlanjutan kuliah pelajar Indonesia di tengah keterbatasan ekonomi.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Turki 2022 Dibuka, Kuliah Gratis dan Tunjangan Bulanan

Dikutip dari data Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) tahun 2021, setiap tahunnya lulusan SMA/sederajat mencapai 3,7 juta, namun hanya 1,8 juta yang melanjutkan ke perguruan tinggi.

Artinya, sebanyak 1,9 juta anak belum bisa melanjutkan kuliah salah satunya lantaran kondisi ekonomi.

Salah satu penerima beasiswa pada ajang QSA 2021 adalah Nadhifa Cinantya asal Depok, Jawa Barat. Nadhifa mengaku sangat bersyukur dapat kuliah di jurusan impiannya dengan potongan biaya kuliah tiap semesternya berkat program Quipper Scholarship Award.

“Walaupun belum beruntung di SBMPTN 2021, saya sangat bersyukur berkesempatan kuliah di jurusan impian saya yaitu Psikologi di Universitas Paramadina melalui program Quipper Scholarship Award 2021. Saya berharap semoga ilmu yang saya dapatkan nantinya dapat menjadi berkah,” tutur Nadhifa.

Strategy & Planning Manager Quipper Indonesia, Ivonny Sualdani mengatakan program Quipper Scholarship Award kembali hadir untuk melanjutkan komitmen Quipper dalam mendukung siswa yang terkendala kemampuan finansial untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi di bangku kuliah.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 6,7 Juta Per Bulan

“Semangat siswa untuk terus melanjutkan pendidikan dengan segala keterbatasan yang mereka miliki merupakan semangat awal bagi terciptanya Quipper Scholarship Award. Kami harap acara QSA tahun ini dapat kembali memberikan secercah harapan bagi anak Indonesia di tengah kondisi pandemi yang sulit,” kata Ivonny dalam keterangan tertulis, Rabu (19/1/2022).

Daftar kampus

Kampus yang membuka beasiswa D3-S1 di tahun 2022 ini ialah:

1. Telkom University

2. Kalbis Institute

3. Universitas Tarumanagara

4. Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com