Kompas.com - 21/01/2022, 15:14 WIB
Ilustrasi digitalisasi dok. Shutterstock/LookerStudioIlustrasi digitalisasi
|

KOMPAS.com - Di era yang serba modern ini mengharuskan semua mengikuti perkembangan. Apalagi di masa pandemi Covid-19 memaksa banyak aspek kehidupan beradaptasi dengan cepat.

Kegiatan belajar mengajar yang biasanya mengandalkan pertemuan tatap muka, kini harus dapat adaptif dengan situasi. Digitalisasi sekolah merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk beradaptasi dengan situasi yang tidak menentu.

Selain itu, digitalisasi sekolah merupakan salah salah satu program Kemendikbud Ristek yang bertujuan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Baca juga: Gredu Siap Dukung Belajar Tatap Muka di Sekolah

Tujuan tersebut tentu berlaku untuk seluruh pelajar di Indonesia, tidak terkecuali pelajar yang harus mengakses pendidikan melalui Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA).

Setiap anak dalam proses peradilan pidana berhak memperoleh:

  1. pendidikan
  2. pembinaan
  3. pembimbingan
  4. pengawasan
  5. pendampingan
  6. pendidikan dan pelatihan
  7. serta hak lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

LPKA wajib menyelenggarakan pendidikan, pelatihan keterampilan, pembinaan, dan pemenuhan hak lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yang mana diawasi oleh Balai Pemasyarakatan. Sehingga, pentingnya digitalisasi sekolah pada sekolah umum, berlaku sama dengan LPKA.

Seperti halnya di LPKA Kelas 1 Tangerang di bawah Kementerian Hukum dan HAM RI saat ini memiliki 45 orang peserta didik dengan rentang usia 12 hingga 18 tahun.

LPKA Kelas 1 Tangerang menjalankan program SD, SMP, SMK Otomotif, dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Baca juga: Siswa, Ini Lho Penjelasan Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara

Sejalan dengan tujuannya, LPKA Kelas 1 Tangerang telah bekerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya PT Honda Wahana Makmur Sejati untuk mendukung program keterampilan dengan harapan memiliki peluang kerja setelah lulus.

Selain membina puluhan anak didikan lembaga pemasyarakatan yang sedang menjalani proses pembinaan, LPKA Kelas 1 Tangerang menerima sejumlah murid kurang mampu di sekitar LPKA Kelas 1 Tangerang.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.