Kompas.com - 13/01/2022, 09:04 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri. ShutterstockIlustrasi kuliah di luar negeri.

KOMPAS.com - Kesempatan melanjutkan pendidikan tinggi melalui jalur beasiswa terbuka lebar. Bagi kamu calon mahasiswa, siswa kelas 12 atau lulusan SMA sederajat, informasi seputar beasiswa kuliah di tahun 2022 cukup mudah didapat.

Dari beragam tawaran beasiswa, ada sejumlah beasiswa yang memberikan biaya pendidikan sebagian (beasiswa parsial) maupun biaya pendidikan penuh (beasiswa penuh).

Bila kini kamu sedang mempertimbangkan untuk mendaftar beasiswa kuliah guna meringankan biaya, berikut rekomendasi beasiswa dalam negeri yang bisa kamu coba, melansir laman Quipper Campus:

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran di UI, UGM, Undip, Unpad, Unair

1. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah)

Kartu Indonesia Pintar adalah pengganti Beasiswa Bidikmisi yang disediakan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Beasiswa ini diperuntukkan kepada calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik yang sangat baik dan mendapat rekomendasi dari sekolah.

Beasiswa mencakup biaya kuliah, tunjangan buku, dan uang saku yang diberikan tiap semester. Mahasiswa D3 akan mendapatkan beasiswa selama 6 semester, sedangkan mahasiswa D4 dan S1 mendapatkan beasiswa selama 8 semester.

Info terkait pendaftaran KIP Kuliah dapat dilihat melalui artikel Cara Daftar KIP Kuliah SNMPTN dan SBMPTN bagi Calon Mahasiswa

2. Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek

Beasiswa Masyarakat Berprestasi merupakan salah satu dari lima macam beasiswa unggulan yang disediakan oleh Kemendikbud Ristek.

Manfaat yang didapatkan juga kurang lebih sama dengan beasiswa unggulan lainnya yakni biaya kuliah gratis plus uang saku tiap bulan.

Beasiswa ini diberikan bagi masyarakat Indonesia yang memiliki pencapaian prestasi di bidang akademik maupun non-akademik pada level nasional atau internasional.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.