Kompas.com - 20/01/2022, 15:50 WIB

KOMPAS.com - Mahasiswa memiliki peran penting sebagai pemegang tongkat estafet pembangunan ekonomi Indonesia di masa depan. Oleh karena itu, perguruan tinggi menjadi kunci dalam membangun ekosistem digital yang melibatkan orang muda.

Benang merah ini mengemuka dalam kuliah umum yang digelar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) yang mengangkat tema "Sinergitas Pendidikan dalam Menguatkan Perilaku Ketahanan Sosial Ekonomi Masyarakat di Era New Normal".

Kuliah umum yang digelar di Aula AR Fachrudin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uhamka pada Kamis (20/1/2022) menghadirkan pembicara utama Menteri BUMN Indonesia, Erick Thohir

Rektor Uhamka, Prof. Gunawan Suryoputro menyampaikan, dunia saat ini tengah memasuki era digital. Hal ini, jelas Prof. Gunawan, nampak dari peringkat 10 terbaik perusahaan dunia yang didominasi perusahaan berbasis digital.

Prof. Gunawan mencontohkan, market kapital Apple yang kini mencapai US$ 2 triliun atau setara dengan Rp 29.600 triliun.

"Dalam hal ini kita dapat melihat dari APBN kita yang berlipat. Saya meyakini Bapak Erick Thohir memiliki strategi jitu bersama BUMN," ungkap Prof. Gunawan dalam sambutan kuliah umum.

"Gebrakan Bapak Erick dalam menyatukan BUMN, meronovasi Sarinah, 'bersih-bersih' menjadi bagian menguatkan perilaku ketahanan sosial ekonomi masyrakat saat ini," tambahnya lagi.

Baca juga: Pemerintah Dorong Sekolah Pakai Teknologi Digital Pantau PTM Terbatas

Peluncuran 4 start up Uhamka

Dalam kesempatan tersebut Prof. Gunawan juga menyampaikan, Uhamka yang memiliki mahasiswa sekitar 21 ribu dari berbagai fakultas, menjadi tempat lahirnya SDM berkualitas.

Karenanya ia meyakini mahasiswa harus memahami Knowledge Based Economy, dan tiga kekuatan SDM: skill, penguatan digital, dan sehat secara jasmani.

"Kami sudah mencoba memulai dan nanti mohon berkenan Bapak Erick untuk melaunching start up Uhamka yang diinisiasi oleh Lab Kewirausahaan dan Filantropi Islam," ujar Prof. Gunawan.

Saat ini Uhamka sudah ada 4 program start up hasil inovasi mahasiswa FEB Uhamka, diantaranya yaitu:

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.