Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Semangat Guru, HP Tingkatkan Skill Digital 100.000 Guru Indonesia

Kompas.com - 14/12/2021, 11:38 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Meningkatkan kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi guna memaksimalkan pembelajaran murid selama masa pembelajaran daring di tengah pandemi menjadi salah satu upaya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dalam dua tahun terakhir.

Turut berkontribusi dalam dunia pendidikan Indonesia, HP telah menggelar Semangat Guru Virtual Learning Series yang bekerja sama dengan Kemendikbud Ristek di tahun 2021.

Semangat Guru merupakan program pelatihan online gratis bagi guru dan pendidik untuk mengasah keterampilan digital, sehingga mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.

Diluncurkan pada Mei 2021, Semangat Guru Virtual Learning Series hadirkan untuk mendukung guru melakukan blended learning yang efektif melalui platform Guru Belajar dan Berbagi Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: 5 Kampus dengan Pembelajaran Daring Terbaik 2021

Managing Director HP Indonesia Fiona Lee mengatakan, HP menyadari bahwa guru mengalami tantangan menggunakan teknologi.

"Melalui kelas Semangat Guru, kami berupaya meningkatkan skill guru dalam adaptasi teknologi. Kami berbagi pemahaman melalui online webinar, termasuk memberikan soft skill blended learning," paparnya secara virtual beberapa waktu lalu.

Tak hanya untuk mengasah keterampilan teknis guru dalam menggunakan teknologi, Fiona menyebut Semangat Guru Virtual Learning Series juga berupaya meningkatkan kepercayaan diri para guru untuk "bersahabat" dan menggunakan teknologi dalam pembelajaran, serta bagaimana mengajar daring yang efektif dan menyenangkan bagi murid.

"Setelah mengikuti pelatihan, saat guru menggunakan komputer, guru akan melihatnya sebagai media untuk memberikan pembelajaran bermakna, alat untuk menambah pengetahuan. Karena belajar tidak hanya berdampak sementara, namun berjangka panjang, long life education," imbuh Fiona.

Baca juga: Kemendikbud Buka Beasiswa Kuliah Merdeka Belajar, Mahasiswa Yuk Daftar

Hingga akhir pelaksanaan pada Agustus 2021, Semangat Guru Virtual Learning Series telah menjaring guru-guru dari seluruh Indonesia, mulai dari wilayah Jabodetabek, Bali, Makassar, Malang, dan Jayapura.

Sebanyak 111.694 guru telah menyelesaikan kelas online dan berbagi ilmu dari modul yang diberikan.

Modul tersebut antara lain pentingnya penggunaan teknologi dalam berbagai gaya belajar, bagaimana teknologi dapat digunakan untuk pembelajaran campuran, tahapan penyusunan konten pembelajaran digital dan penggunaan perangkat teknologi sederhana, dan pendekatan komunikasi yang dapat diimplikasikan dalam pengalaman belajar pribadi.

Ke depan, Fiona berharap dapat kembali bekerja sama dengan Kemendikbud Ristek untuk semakin memperkaya kemampuan digital para guru Indonesia melalui seri Semangat Guru.

Managing Director HP Indonesia, Fiona Lee Dok. HP Indonesia Managing Director HP Indonesia, Fiona Lee

Merangkul orangtua, pelajar, hingga pengusaha

Tak terbatas untuk kalangan guru, HP juga memiliki program HP Life dalam bahasa Indonesia dan HP Education Series yang menyediakan pelatihan online gratis.

"Melalui HP education series semua kalangan bisa belajar dan berkolaborasi, tidak terbatas hanya guru, namun juga orangtua, pelajar dan orang yang ingin mengembangkan diri," jelas Fiona.

Ia mengatakan, HP LIFE yang menjadi program gratis dari HP Foundation menyediakan lebih dari 32 kursus yang tersedia dalam 8 bahasa. HP LIFE memberikan kesempatan kepada semua orang di seluruh dunia untuk membangun keterampilan yang dibutuhkan oleh masa depan.

Baca juga: 5 Beasiswa S1 yang Buka Januari 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Sementara HP Education Series menjadi serangkaian acara virtual yang bertujuan untuk menyoroti praktik baik dalam penggunaan teknologi yang terkait dengan pengajaran, pembelajaran, pengembangan kurikulum, dan pengembangan profesional.

“HP Education Series berkolaborasi dengan sejumlah praktisi pendidikan Najelaa Shihab, Ben Kasyafani, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Harapannya, HP LIFE maupun HP Education Series dapat menjadi sumber daya pendidikan yang dapat digunakan oleh pendidik, dan mentor untuk memperkaya kurikulum, mendukung penciptaan bisnis, hingga meningkatkan keterampilan kerja.

Program HP LIFE telah menjangkau lebih dari 1 juta pelajar, pengusaha, dan usaha kecil pemilik di lebih dari 200 negara dan wilayah hingga saat ini. HP LIFE dalam bahasa Indonesia sendiri telah memiliki 6.470 pengguna hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com