Kompas.com - 20/01/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah tak sekadar mempertimbangkan jurusan yang paling populer saat ini, apalagi hanya sekadar ikut-ikut teman.

Pertimbangan matang perlu dilakukan agar kamu bisa memilih jurusan tepat sesuai dengan bidang yang kamu minati dan prospek kerja yang kamu dambakan.

Salah memilih jurusan berisiko membuat kamu kehilangan minatnya dalam belajar, berkeinginan berhenti kuliah di tengah jalan, hingga bingung menentukan arah karier setelah kelulusan.

Melansir laman Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek, berikut ada 4 hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat:

Baca juga: 10 Kampus Swasta Buka Beasiswa 2022, Bebas Uang Kuliah hingga 100 Persen

1. Pahami minat dan bakat yang dimiliki

Ketahui minat dan bakatmu terlebih dahulu dengan mengenali potensi yang ada di dalam diri.

Kamu bisa memanfaatkan tes minat bakat gratis atau bahkan meminta bantuan profesional untuk benar-benar mengetahui secara spesifik apa minat dan bakat yang kamu miliki.

Setelah itu, bangkitkan motivasi untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan tujuan.

2. Berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman

Diskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah dengan guru atau orang terdekat yang telah memiliki pengalaman kapasitas untuk memberikan pendapat dari berbagai sudut pandang dan pengetahuan yang baru.

3. Lakukan riset

Ketahuilah sebanyak-banyaknya tentang jurusan kuliah incaran. Mulai dari bidang ilmu, prospek kerja, rekam jejak alumni dan lainnya.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah SNMPTN dan SBMPTN bagi Calon Mahasiswa

4. Tanggung jawab

Saat dihadapkan dengan berbagai pilihan, tentunya harus diikuti dengan rasa tanggung jawab dalam memilih dan menjalankannya.

Termasuk dalam memilih jurusan kuliah, kamu harus bersungguh-sungguh dan melakukan segalanya dengan optimal. Pastikan kamu memilih alasan yang kuat mengapa memilih jurusan tersebut, siap untuk menghadapi tantangan, untuk bisa serius dalam menjalankannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.