Kompas.com - 20/01/2022, 11:56 WIB

KOMPAS.com - Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia, kualitas dari Institut Pertanian Bogor (IPB) tak perlu diragukan lagi.

Hal ini makin dibuktikan karena eksistensi IPB dalam bidang-bidang keilmuan non-pertanian. Baru-baru ini, dua dosen IPB ditetapkan sebagai Top 100 ilmuwan Indonesia dalam bidang Bisnis dan Manajemen.

Kedua dosen tersebut masuk dalam daftar pemeringkatan dunia yang dikeluarkan AD Scientific Index (Alper-Doger Scientific Index).

Mereka adalah Prof. Ujang Sumarwan dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) dan Mukhamad Najib dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM).

Baca juga: Fenomena Trilingual di Media Sosial, Begini Tanggapan Pakar Bahasa UNS

Berada di peringkat 39 dan 58 dari Top 100 Ilmuwan

Melansir laman resmi IPB, Kamis (20/1/2022), basis penilaian dan pemeringkatan ilmuwan dari AD Scientific Index, dilihat dari produktivitas dan efektivitas kerja peneliti dalam lima tahun terakhir.

Sejumlah indikator yang disajikan dalam dalam pemeringkatan ini di antaranya adalah h-index, i10 index, dan sitasi.

Berdasarkan informasi yang dikeluarkan AD Scientific Index tentang Top 100 Scientists 2022 diketahui bahwa Prof. Ujang Sumarwan memiliki H-index: 21 dengan I10: index: 46 dan sitasi: 6871.

Sementara Mukhamad Najib memiliki H-index: 19 dengan I10 index: 43 dan sitasi: 1647. Capaian nilai tersebut telah menempatkan Prof. Ujang dan Najib dalam urutan ke 39 dan 58 dari Top 100 Ilmuwan bidang Bisnis dan Manajemen di Indonesia tahun 2022.

Baca juga: Simak 4 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat dari Ditjen Dikti

Prof. Ujang Sumarwan selama ini dikenal sebagai pakar marketing dengan pengalaman publikasi yang sangat banyak.

Keduanya aktif menulis buku

Sejauh ini Prof. Ujang telah menerbitkan banyak buku yang menjadi rujukan di berbagai kampus di Indonesia. Selain menulis buku dan publikasi di berbagai jurnal ilmiah, ia juga aktif menulis di media masa baik koran maupun majalah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.