Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 4 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat dari Ditjen Dikti

Kompas.com - 20/01/2022, 08:48 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

 

KOMPAS.com - Salah satu hal yang perlu dilakukan siswa kelas 12 yang berencana melanjutkan pendidikan melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN 2022 adalah memilih jurusan kuliah.

Meski terdengar sederhana, namun menentukan jurusan kuliah ini cukup sulit dilakukan. Calon mahasiswa harus banyak berdiskusi dan mencari banyak referensi sebelum menentukan jurusan di perguruan tinggi.

Jangan sampai kamu memilih jurusan kuliah hanya karena ikut-ikutan teman. Padahal belum tentu jurusan tersebut sesuai dengan bakat dan minatmu.

Jika kamu salah memilih jurusan, pasti akan membawa dampak tidak bagus selama menjalani perkuliahan kelak.

Baca juga: Fenomena Trilingual di Media Sosial, Begini Tanggapan Pakar Bahasa UNS

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek) membagikan beberapa tips memilih jurusan bagi calon mahasiswa yang masih bimbang.

Tips memilih jurusan kuliah yang tepat

Merangkum dari akun Instagram resmi Ditjen Diktiristek, Kamis (20/1/2022), berikut 4 tips memilih jurusan yang tepat.

1. Pahami minat dan bakat yang dimiliki

Ketahui minat dan bakatmu terlebih dahulu. Dengan mengenali potensi yang ada pada dirimu, lalu bangkitkan motivasi untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan tujuan.

Baca juga: Pakar Unair: Butuh 3-5 Tahun untuk Menerapkan Metaverse di Indonesia

2. Konsultasikan dengan orang yang berpengalaman

Diskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah dengan guru atau orang terdekat yang sudah memiliki pengalaman dan kapasitas yang dapat memberikan pendapat dari berbagai sudut pandang dan pengetahuan yang baru.

3. Lakukan riset

Ketahuilah sebanyak-banyaknya tentang jurusan incaranmu. Seperti bidang ilmunya, prospek kerja, rekam jejak alumni dan lain sebagainya.

4.Tanggung jawab

Saat dihadapkan dengan berbagai pilihan, tentunya harus diikuti dengan rasa tanggung jawab, dimana kamu harus bersungguh-sunggu dan melakukan segalanya dengan optimal.

Baca juga: Dosen Unpad Jelaskan Mengapa Sumatera dan Jawa Sering Terjadi Gempa

Demikian 4 tips memilih jurusan yang tepat dari Ditjen Diktiristek. Jika bisa memilih jurusan dengan tepat, selama mengenyam pendidikan kamu akan menikmati perkuliahan bahkan tidak menutup kemungkinan juga bisa meraih prestasi gemilang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com