Kompas.com - 20/01/2022, 08:48 WIB

 

KOMPAS.com - Salah satu hal yang perlu dilakukan siswa kelas 12 yang berencana melanjutkan pendidikan melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN 2022 adalah memilih jurusan kuliah.

Meski terdengar sederhana, namun menentukan jurusan kuliah ini cukup sulit dilakukan. Calon mahasiswa harus banyak berdiskusi dan mencari banyak referensi sebelum menentukan jurusan di perguruan tinggi.

Jangan sampai kamu memilih jurusan kuliah hanya karena ikut-ikutan teman. Padahal belum tentu jurusan tersebut sesuai dengan bakat dan minatmu.

Jika kamu salah memilih jurusan, pasti akan membawa dampak tidak bagus selama menjalani perkuliahan kelak.

Baca juga: Fenomena Trilingual di Media Sosial, Begini Tanggapan Pakar Bahasa UNS

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek Kemendikbud Ristek) membagikan beberapa tips memilih jurusan bagi calon mahasiswa yang masih bimbang.

Tips memilih jurusan kuliah yang tepat

Merangkum dari akun Instagram resmi Ditjen Diktiristek, Kamis (20/1/2022), berikut 4 tips memilih jurusan yang tepat.

1. Pahami minat dan bakat yang dimiliki

Ketahui minat dan bakatmu terlebih dahulu. Dengan mengenali potensi yang ada pada dirimu, lalu bangkitkan motivasi untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan tujuan.

Baca juga: Pakar Unair: Butuh 3-5 Tahun untuk Menerapkan Metaverse di Indonesia

2. Konsultasikan dengan orang yang berpengalaman

Diskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah dengan guru atau orang terdekat yang sudah memiliki pengalaman dan kapasitas yang dapat memberikan pendapat dari berbagai sudut pandang dan pengetahuan yang baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.