Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Tips Kembali Produktif bagi Mahasiswa Setelah Libur Lebaran

Kompas.com - 15/04/2024, 12:42 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Setelah libur panjang Hari Raya Idul Fitri, baik pelajar maupun mahasiswa harus kembali ke aktivitas normal di sekolah maupun di kampus.

Bagi mahasiswa yang sudah harus kembali mengikuti perkuliahan, harus cepat beradaptasi dan kembali berfokus pada tugas akademis untuk mencapai potensi maksimal.

Agar peralihan dari suasana liburan kembali ke ritme belajar berjalan lancar, ada beberapa tips yang bisa kamu coba.

Dilansir dari laman Telkom University, Senin (15/4/2024) membagikan tips agar mahasiswa lebih produktif pasca-lebaran:

Baca juga: Pakar Unair Beri Tips Batasi Konsumsi Gula Saat Lebaran

Tips produktif bagi mahasiswa setelah libur lebaran

1. Tetapkan tujuan dan goals yang jelas

Setelah menikmati libur panjang lebaran, agar bisa langsung produktif mahasiswa bisa memulainya dengan menetapkan tujuan dan goals yang spesifik untuk diri kamu.

Seperti menyelesaikan tugas tertentu, mencetak nilai dan IPK yang baik, persiapan untuk ujian, atau mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang kamu minati. Dengan memiliki tujuan yang jelas, mahasiswa akan lebih termotivasi saat kembali masuk kuliah.

2. Rencanakan waktu dengan bijak

Tips berikutnya agar mahasiswa bisa produktif setelah libur lebaran yakni dengan manfaatkan waktu dengan efisien dan bijak. Buatlah jadwal harian atau mingguan yang didalamnya terdapat jadwal untuk belajar, beristirahat, dan bersosialisasi.

Dengan merencanakan waktu dengan baik, kamu dapat menghindari prokrastinasi (menunda-nunda) dan meningkatkan produktivitas kamu secara keseluruhan.

3. Bangun kembali rutinitas belajar

Setelah liburan yang menyenangkan, penting untuk kembali membangun rutinitas belajar yang konsisten.

Mulailah dengan memilih waktu dan tempat yang nyaman untuk belajar. Selanjutnya, buatlah daftar prioritas tugas yang perlu diselesaikan dan alokasikan waktu yang cukup untuk mengerjakannya setiap hari.

Baca juga: 4 Tips Sukses Masuk UI Jalur UTBK SNBT, Pendaftar Wajib Cek

4. Tetap aktif dan sehat

Agar kegiatan perkuliahan berjalan lancar, mahasiswa harus dalam kondisi sehat. Sehingga penting menjaga kesehatan fisik dan mental mahasiswa. Selain belajar, pastikan untuk tetap aktif dengan berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan bergizi.

Istirahat yang cukup juga sangat penting untuk memastikan kamu tetap segar dan fokus selama proses belajar.

5. Manfaatkan fasilitas kampus

Jangan ragu untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia di kampus. Fasilitas yang ada di kampus bisa menunjang produktivitas belajar kamu.

Baca juga: Tips Maya Nabila, Raih Gelar Doktor di ITB pada Usia 24 Tahun

Selain itu, bangun komunikasi yang baik dengan dosen dan teman-teman di kampus baik di fakultas yang sama atau lintas fakultas. 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, mahasiswa bisa langsung produktif setelah menikmati libur lebaran bersama keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com