Kompas.com - 05/08/2021, 19:30 WIB

 

KOMPAS.com - Agustus merupakan bulan yang memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia. Pada bulan ini, Indonesia merayakan hari kemerdekaan, tepatnya pada 17 Agustus.

Di balik kemerdekaan bangsa Indonesia, ada sejarah panjang perjuangan bangsa ini melawan penjajah. 

Semua sejarah, dokumentasi, dan artefak kemerdekaan berhasil dikumpulkan dan dipamerkan. Pengunjung bisa memperluas wawasan akan Indonesia lewat kunjungan ke museum

Meski pandemi Covid-19 masih melanda, kunjungan ke museum tetap bisa dilakukan secara virtual. Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, ada 4 museum yang mengangkat sejarah kemerdekaan Indonesia secara virtual. Museum apa sajakah itu?

Baca juga: 10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

1. Museum Kebangkitan Nasional

Berlokasi di Jl. Dr. Abdul Rahman Saleh No.26, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, museum ini menyimpan berbagai koleksi yang menggambarkan perjuangan para pemuda Indonesia melalui organisasi Boedi Oetomo.

Museum Kebangkitan Nasional menempati sebuah komplek bangunan bersejarah yang dibangun pada tahun 1899 di atas tanah seluas 15.742 m2. Bangunan tersebut pada awalnya diperuntukkan sebagai gedung sekolah dan asrama School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) atau Sekolah Dokter Bumiputera. Di museum ini,

Pengunjung dapat melihat diorama peristiwa pembentukan organisasi Boedi Oetomo, kisah perjuangan pedagang rempah Indonesia untuk bebas dari praktik penjajahan Belanda yang merugikan, patung tokoh-tokoh kebangkitan nasional, sejarah kebangkitan pemikiran, sejarah kebangkitan budaya, serta sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia.

Bagi kamu yang ingin melihat berbagai koleksi yang ada di museum ini, dapat melakukan virtual tur melalui tautan http://virtualtour.muskitnas.net/

Baca juga: Cair September 2021, Ini Cara Dapatkan Kuota Gratis Kemendikbud Ristek

2. Monumen Nasional

Monumen Nasional atau yang dikenal dengan Monas merupakan landmark Ibukota Jakarta yang dibuka secara umum untuk masyarakat pada 12 Juli 1975.

Selain bisa melihat keindahan kota Jakarta dari atas tugu monas, ada banyak peristiwa sejarah kemerdekaan yang bisa dipelajari dalam monumen nasional. Terdapat atribut-atribut Kemerdekaan berupa teks proklamasi, duplikat bendera pusaka, dan garuda pancasila.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.