Kompas.com - 05/08/2021, 14:20 WIB
Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW)  Kemendikbud Ristek Dok. Vokasi Kemendikbud RistekPendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Kemendikbud Ristek

KOMPAS.com - Data Badan Pusat Statistik (BPS) triwulan I tahun 2021 mencatatkan, sebanyak 19,10 juta jiwa atau 9,30 persen penduduk usia kerja terdampak pandemi Covid-19. Dunia, tak terkecuali Indonesia, mengalami berbagai permasalahan sosial, termasuk meningkatnya angka pengangguran.

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan telah menyelenggarakan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) guna membuka lapangan pekerjaan dengan melahirkan wirausaha-wirausaha baru.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto mengatakan Indonesia membutuhkan sekitar empat juta wirausaha baru untuk menjadi negara yang kuat.

Dengan adanya PKW, lanjut dia, diharapkan mampu menjadi salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada, terutama untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat lainnya.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Tercatat, sebanyak 915 lembaga kursus dan pelatihan (LKP) sudah menyelenggarakan program tersebut pada tahun 2020 lalu dengan jumlah peserta sebanyak 16.676 orang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam mengimplementasikan program tersebut, imbuh Wikan, sudah “link and match” dengan potensi pengembangan usaha daerah yang mendapat dukungan dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), perbankan/lembaga permodalan, dan lembaga pemasaran.

"Produktivitas SDM kita di bawah beberapa negara Asia. Karenanya, kita harus memperbaiki. Adapun tantangannya, bagaimana pendidikan harus mampu menciptakan SDM yang banyak. Jawabannya adalah kewirausahaan,” ungkap Wikan dalam laman Vokasi Kemendikbud, Kamis (5/8/2021).

Karenanya, Wikan berharap dengan adanya PKW dapat membuka lapangan pekerjaan baru yang dapat menampung SDM lebih banyak, serta melahirkan SDM unggul yang kompeten.

“Program PKW merupakan misi Ditjen Pendidikan Vokasi untuk benar-benar menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, serta mendorong pengurangan pengangguran dan kemiskinan,” ujarnya.

Baca juga: Cerita Lulusan SMK Buka Bisnis Kuliner Beromzet Rp 150 Juta Per Bulan

Sementara itu, Direktur Kursus dan Pelatihan Wartanto menambahkan banyaknya masyarakat yang terdampak pandemi, seperti karyawan yang banyak dirumahkan oleh perusahaan, tentu menyebabkan lapangan kerja semakin terbatas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.