Kompas.com - 29/07/2021, 11:18 WIB
Taufiq Hidayat alumnus SMKN 3 Bandung, Jawa Barat Dok. Vokasi Kemendikbud RistekTaufiq Hidayat alumnus SMKN 3 Bandung, Jawa Barat

KOMPAS.com - Fokus dunia pendidikan saat ini adalah memberikan keterampilan kerja bagi generasi muda. Seperti lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang dibekali kompetensi untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan berdaya saing global.

Ini dibuktikan oleh Taufiq Hidayat. Alumnus SMKN 3 Bandung, Jawa Barat, ini berhasil membuka lapangan pekerjaan dan menjawab tantangan zaman melalui usaha kuliner Bandung Cheesecuit.

Dirangkum dari laman Vokasi Kemndikbud Ristek, Kamis (29/7/2021), Taufik mendirikan usaha tersebut karena ingin membuat lapangan pekerjaan untuk diri sendiri dan orang lain.

“Saya mendirikan usaha ini karena ingin membuat lapangan pekerjaan untuk diri sendiri dan orang lain. Alhamdulillah, sekarang sudah memiliki dua cabang, hingga total ada tiga outlet,” tutur Taufiq.

Baca juga: Cerita Siswa SMK Anak Tukang Las yang Dapat Beasiswa Penuh Kuliah S1

Taufiq mengembangkan bisnisnya di bidang kuliner sejak tahun 2017 dengan visi menjadi toko dessert olahan keju nomor satu di Bandung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Taufiq membuat inovasi menu dessert olahan keju yang berbeda, menarik, dan digemari oleh banyak orang. Tidak hanya itu, dengan telaten Taufiq juga berupaya untuk melakukan branding dengan ciri khas olahan keju untuk menjadi salah satu strategi komunikasinya kepada pelanggan.

Upaya yang dilakukan Taufiq tersebut pun berbuah manis. Hingga kini Bandung Cheesecuit sudah memiliki dua cabang toko di wilayah Bandung, yakni di Central Kitchen dan Jalan Lodaya, Bandung.

Omzet capai Rp 150 juta per bulan

Lahirnya usaha kuliner Taufik sejalan dengan bidang keahlian yang dipelajari Taufiq saat menempuh pendidikan di sekolah, yaitu program keahlian multimedia.

Bermula dari membuat inovasi produk makanan yang dianalisis melalui internet, Taufiq pun mulai membuat foto produk yang menarik hingga strategi pemasaran melalui berbagai platform digital.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

“Meskipun usaha yang saya geluti di bidang kuliner, tapi tolak ukur lahirnya usaha ini dilatarbelakangi dari ilmu multimedia yang saya pelajari di SMK. Seperti awal mula membuat inovasi produk makanan yang dianalisis lewat internet, kemudian membuat foto produk yang menarik, membuat logo dan kemasan yang menarik, membuat flyer, memasarkan produk secara digital, mengolah produk organik menjadi konsumsi digital yang menarik, dan tentunya masih banyak lagi ilmu multimedia yang pasti akan terus kita pakai dalam mengelola usaha ini,” jelas Taufiq.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.