Kompas.com - 29/07/2021, 09:16 WIB
Permendikbud Nomor 6 tahun 2021 mengatur penggunaan dana BOS Reguler di masa pandemi Covid-19. Tangkap layar laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan dan KebudayaanPermendikbud Nomor 6 tahun 2021 mengatur penggunaan dana BOS Reguler di masa pandemi Covid-19.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Adanya pandemi Covid-19 membuat sekolah harus mengalokasikan anggaran khusus untuk memenuhi sarana dan prasarana di sekolah.

Khususnya terkait upaya pencegahan penularan Covid-19 jika dilakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berupaya meringankan beban sekolah dalam menyelenggarakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan melakukan penyempurnaan kebijakan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) melalui Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler.

Baca juga: Sinarmas Mining Buka Lowongan Kerja bagi Fresh Graduate, Daftar Disini

Alokasi dana BOS reguler

Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Rabu (28/7/2021), dalam Permendikbud Nomor 6 tahun 2021 penggunaan dana BOS Reguler telah mengakomodasi kebutuhan yang diperlukan sekolah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlebih untuk pembiayaan dalam rangka pengelolaan dan operasional rutin sekolah baik dalam rangka pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh.

Dana BOS reguler diperuntukkan untuk pengadaan beberapa hal seperti:

1. Pembelian cairan atau sabun pembersih tangan pembasmi kuman (disinfektan).

2. Masker atau penunjang kebersihan lainnya.

Baca juga: Siswa, Perhatikan Tips Sebelum dan Sesudah Terima Vaksin Covid-19

Dalam Permendikbud Nomor 6 tahun 2021 juga disebutkan bahwa dana BOS Reguler dapat digunakan untuk pembelian beberapa keperluan penunjang kegiatan belajar mengajar (KBM) lainnya, seperti:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.