Kompas.com - 29/07/2021, 10:00 WIB
Bunda PAUD Nasional sekaligus Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Franka Makarim banyak belajar menjadi orangtua dan mendampingi anak-anak belajar selama pandemi Covid-19 berlangsung. Tangkap layar laman Ruang Guru Paud Kemendikbud.Bunda PAUD Nasional sekaligus Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Franka Makarim banyak belajar menjadi orangtua dan mendampingi anak-anak belajar selama pandemi Covid-19 berlangsung.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini, kebiasaan membacakan cerita atau mendongeng kepada anak seringkali ditinggalkan.

Padahal, mendongeng dapat menjadi salah satu cara menyenangkan untuk mendukung tumbuh kembang anak, terutama dalam menstimulasi keterampilan bahasa dan beberapa jenis kecerdasan majemuknya.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Rank 2021

Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Franka Makarim berkesempatan mendongeng untuk anak-anak.

Dia membacakan buku cerita anak karangan Audelia Agustine bertajuk "Aku Suka Caramu".

"Di Hari Anak Indonesia, saya mengajak semua anak Indonesia tetap semangat, tetap bermain serta yakinlah kita akan melewati tantangan pandemi ini, serta harus selalu diingat kesehatan dan keselamatan anak-anak semua adalah yang paling utama," kata dia melansir laman kemendikbud Ristek, Kamis (29/7/2021).

Direktur Pembelajaran Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Santi Ambarrukmi menyampaikan, Direktorat GTK PAUD Kemendikbud Ristek mengadakan beragam hiburan untuk anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satunya adalah webinar bertajuk Gebyar Dongeng. Acara yang menghadirkan komunitas pendongeng dan pegiat pendidikan anak ini akan diisi dengan saling berbagi ilmu dan praktik baik dalam mendongeng.

Baca juga: Daftar Provinsi dengan Kasus Tertinggi Covid-19 pada Anak Usia Sekolah

"Setiap hari selama satu pekan akan ada topik dengan narasumber yang berbeda, diawali dengan judul pertama yaitu Bhinneka Tunggal Ika," ucap dia.

Dia mengaku, selain ingin memberikan dorongan peningkatan kompetensi untuk guru PAUD, tetapi juga meningkatkan keterampilan mendongeng para orangtua.

"Ini juga merespons Franka Makarim, agar setiap anak berkesempatan mendengarkan cerita dongeng," jelas dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.