Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Kompas.com - 05/08/2021, 16:23 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Bekerja di perusahaan multinasional bisa menjadi salah satu impian banyak orang, termasuk bagi mahasiswa dan "fresh graduate".

Seperti namanya, perusahaan multinasional merupakan perusahaan yang menjalankan bisnisnya dan memiliki kantor di sejumlah negara.

Bahasa Inggris memang menjadi bahasa asing yang wajib kamu kuasai bila ingin bekerja di perusahaan multinasional, bahkan perusahaan lokal.

Namun, selain bahasa Inggris, sejumlah perusahaan multinasional kini juga mengharapkan calon pegawai menguasai bahasa lainnya, seperti bahasa Mandarin.

Bukan tanpa alasan mengapa bahasa Inggris dan Mandarin menjadi bahasa Asing yang potensial untuk dikuasai. Pasalnya, kedua bahasa tersebut menjadi bahasa dengan penutur terbanyak di dunia.

Baca juga: Cair September 2021, Ini Cara Dapatkan Kuota Gratis Kemendikbud Ristek

Mau tahu bahasa negara lainnya yang paling banyak digunakan? Berikut 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, melansir laman Zenius Education, Kamis (5/8/2021):

1. Inggris

Jumlah penutur: 1,13 miliar

lebih dari 60 negara di dunia menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi, sebut saja Amerika Serikat, Australia serta Selandia Baru.

Bahkan, cukup banyak lembaga pendidikan di berbagai negara yang menjadikan bahasa ini sebagai bahasa sehari-hari. Ini karena sejarah Inggris sendiri pernah menginvasi banyak negara di dunia.

Membuat pengaruh bahasa Inggris cukup kuat dan menjadikan bahasa ini sebagai bahasa internasional.

Baca juga: 5 Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

2. Mandarin

Jumlah penutur: 1,12 miliar

Bahasa Mandarin menempati urutan kedua sebagai bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa ini bagian dari rumpun bahasa Sino-Tibet yang tersebar di sebagian besar negara di wilayah Asia.

Lima bahasa Tiongkok utama yaitu Mandarin, Yue yang meliputi Kanton, Min, Wu dan Hakka juga digunakan di Taiwan, Singapura dan Malaysia.

3. Hindi

Jumlah penutur: 615 juta

Bahasa Hindi adalah bahasa resmi di India selain bahasa Inggris, dan bahasa ini merupakan salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia setelah bahasa Mandarin dan bahasa Inggris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com