Kompas.com - 30/07/2021, 11:37 WIB
Ilustrasi ramai penduduk. UNSPLASH/NICO BHLRIlustrasi ramai penduduk.

KOMPAS.com - Berdasarkan data Worldometer, dilaporkan setidaknya ada 7,8 miliar orang menjadi penduduk dunia saat ini (2021). Jumlah tersebut tersebar di lebih dari 230 negara, dan terus bertambah setiap detiknya.

Berdasarkan data tersebut, negara-negara seperti Vatikan, Tokelau dan Kepulauan Falkland tampil sebagai negara dengan penduduk paling sedikit di dunia.

Sementara, disebutkan juga negara-negara dengan populasi terbanyak di dunia, Indonesia salah satunya.

Merangkum laman Kelas Pintar, berikut 5 negara dengan populasi paling banyak di dunia:

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

5. Pakistan

Menempati posisi kelima dalam daftar negara dengan populasi paling banyak, Pakistan melenggang dengan jumlah penduduk sebanyak 225.251.657 pada Sabtu, 10 Juli 2021. Data ini diperoleh dari penjabaran Worldometer atas data PBB terbaru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Populasi Pakistan ini setara dengan 2,83 persen dari total populasi dunia, dan didominasi empat kelompok etnik yaitu Punjab, Pashtun, Sindh, dan Baloch.

Suku bangsa terbesar di Pakistan adalah Punjab dengan jumlah 78 juta jiwa (45 persen). Disusul Pashtun dengan jumlah 29.3 juta jiwa (15.42 persen), Sindh sebanyak 24.8 juta jiwa (14.1 persen), dan Baloch tercatat berjumlah 6,3 juta (3,57 persen).

4. Indonesia

Ilustrasi macetKOMPAS/AGUS SUSANTO Ilustrasi macet

Dengan jumlah penduduk sebanyak 276,534,274, Indonesia menempati posisi keempat dalam daftar negara dengan populasi paling banyak. Penduduk Indonesia ini setara dengan 3,51 persen dari total penduduk dunia.

Sebagian besar (95 persen) penduduk Indonesia adalah Bangsa Austronesia, dan terdapat juga kelompok-kelompok suku Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia terutama di Indonesia bagian Timur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.