Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 11:37 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Berdasarkan data Worldometer, dilaporkan setidaknya ada 7,8 miliar orang menjadi penduduk dunia saat ini (2021). Jumlah tersebut tersebar di lebih dari 230 negara, dan terus bertambah setiap detiknya.

Berdasarkan data tersebut, negara-negara seperti Vatikan, Tokelau dan Kepulauan Falkland tampil sebagai negara dengan penduduk paling sedikit di dunia.

Sementara, disebutkan juga negara-negara dengan populasi terbanyak di dunia, Indonesia salah satunya.

Merangkum laman Kelas Pintar, berikut 5 negara dengan populasi paling banyak di dunia:

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

5. Pakistan

Menempati posisi kelima dalam daftar negara dengan populasi paling banyak, Pakistan melenggang dengan jumlah penduduk sebanyak 225.251.657 pada Sabtu, 10 Juli 2021. Data ini diperoleh dari penjabaran Worldometer atas data PBB terbaru.

Populasi Pakistan ini setara dengan 2,83 persen dari total populasi dunia, dan didominasi empat kelompok etnik yaitu Punjab, Pashtun, Sindh, dan Baloch.

Suku bangsa terbesar di Pakistan adalah Punjab dengan jumlah 78 juta jiwa (45 persen). Disusul Pashtun dengan jumlah 29.3 juta jiwa (15.42 persen), Sindh sebanyak 24.8 juta jiwa (14.1 persen), dan Baloch tercatat berjumlah 6,3 juta (3,57 persen).

4. Indonesia

Ilustrasi macetKOMPAS/AGUS SUSANTO Ilustrasi macet

Dengan jumlah penduduk sebanyak 276,534,274, Indonesia menempati posisi keempat dalam daftar negara dengan populasi paling banyak. Penduduk Indonesia ini setara dengan 3,51 persen dari total penduduk dunia.

Sebagian besar (95 persen) penduduk Indonesia adalah Bangsa Austronesia, dan terdapat juga kelompok-kelompok suku Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia terutama di Indonesia bagian Timur.

Banyak penduduk Indonesia yang menyatakan dirinya sebagai bagian dari kelompok suku yang lebih spesifik, yang dibagi menurut bahasa dan asal daerah, misalnya Jawa, Sunda, Madura, Batak, dan Minangkabau.

Selain itu juga ada penduduk pendatang yang jumlahnya minoritas di antaranya adalah etnis Tionghoa, India, dan Arab.

Baca juga: Sering Bolos dan Balap Liar, tapi Usaha Ini Buat Esa Masuk Teknik ITB

3. Amerika Serikat

Tercatat per Sabtu 10 Juli 2021, jumlah populasi Amerika Serikat adalah 332.981.983 jiwa, atau setara dengan 4,25 persen dari total populasi dunia.

Populasi AS membengkak hampir empat kali lipat di sepanjang abad ke-20, dari sekitar 76 juta jiwa pada tahun 1900. Jumlah ini menjadikan AS sebagai negara dengan jumlah populasi terbanyak di dunia setelah RRC dan India.

Di antara ketiga negara ini, AS adalah satu-satunya negara industri yang peningkatan besar-besaran populasinya dapat diproyeksikan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com