Kompas.com - 29/07/2021, 15:42 WIB
Serentak bergerak, wujudkan merdeka belajar menjadi tema Hardiknas 2021 Unsplash/Compare fibreSerentak bergerak, wujudkan merdeka belajar menjadi tema Hardiknas 2021

KOMPAS.com - Saat duduk di bangku SMA, Esa Trisaputra merasa kalau belajar adalah kegiatan yang membosankan.

Ia mengaku sering bolos kelas, bolos upacara, ketahuan merokok di kamar mandi oleh guru, bahkan ikutan balap liar. Sampai-sampai ia pernah mendapatkan peringkat kedua terakhir di sekolah untuk jurusan IPA.

Sampai-sampai 80 persen guru di SMA sempat meremehkan dirinya bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Bahkan, di-bully oleh keluarga dan orangtua karena nakal dan suka balap liar.

"Sampai sindiran masuk ITB lewat jalur belakang," cerita Esa seperti dirangkum dari laman Zenius Education, Kamis (29/7/2021).

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Perjuangan yang membuat Esa masuk ITB

Buka tanpa usaha bila Esa berhasil masuk di Jurusan Teknik Material, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (FTMD ITB).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski ia mengaku, saat duduk di bangku SMA, ia tak menemukan gairah untuk belajar dan merasa kalau belajar adalah hal yang membosankan.

"Ada hal yang bikin saya ngerasa kok belajar ngebosenin ya," ungkapnya.

Tak menemukan semangat untuk belajar, membuatnya bergaul dengan teman-teman yang senang "nongkrong" dan suka balapan liar.

"Sampai pas SMA, jadi salah satu anak yang sering banget dipanggil guru BP karena sering bolos kelas, bolos upacara, sampai perah ketahuan merokok di kamar mandi juga," imbuh Esa.

Tak suka belajar dan sering "nongkrong" serta balap liar, membuat Esa jadi siswa dengan peringkat terbawah dari seluruh anak IPA di sekolah saat kelas 2 SMA.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.