Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2024

Kompas.com - 16/04/2024, 16:30 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2024 merilis daftar kampus dengan jurusan ilmu komputer dan sistem informasi terbaik di Indonesia.

Dikutip dari laman resmi QS WUR, kampus dengan jurusan ilmu komputer dan sistem informasi terbaik di Indonesia dipegang oleh Universitas Indonesia (UI).

Setelah itu disusul oleh Bina Nusantara (Binus) University, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Jika dilihat secara keseluruhan, UI berada di peringkat 251-300 kampus dengan jurusan ilmu komputer dan sistem informasi terbaik di dunia.

Baca juga: Prodi Antropologi UGM Masuk 100 Besar Terbaik Dunia

Sementara Binus University menduduki peringkat 351-400, ITS ada di peringkat 451-500, dan ITB berada di peringkat 601-650 dengan jurusan ilmu komputer dan sistem informasi terbaik di dunia.

Adapun peringkat pertama kampus dengan dengan jurusan ilmu komputer dan sistem informasi terbaik di dunia ditempati oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

"Massachusetts Institute of Technology (MIT) sekali lagi menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik di dunia untuk mempelajari ilmu komputer," demikian yang tertulis di laman resmi QS WUR, Minggu (14/4/2024).

Kemudian peringkat kedua ditempati oleh Carnegie Mellon University dan Stanford University. Sementara di Asia, kampus dengan jurusan ilmu komputer dan sistem informasi terbaik adala National University of Singapore (NUS).

NUS juga berada di peringkat keenam di dunia, sementara University of Oxford berada di peringkat keempat dunia dan menjadi universitas terbaik di Eropa untuk bidang ilmu komputer dan sistem informasi.

Baca juga: 25 Bidang Ilmu UGM Masuk Pemeringkatan Dunia QS WUR by Subject 2024

Sebagai informasi, QS WUR adalah pemeringkatan yang menekankan kelayakan kerja dan keberlanjutan.

Tahun ini, QS WUR menerapkan peningkatan metodologi terbesar yang pernah lakukan yakni dengan memperkenalkan tiga metrik baru seperti keberlanjutan, hasil ketenagakerjaan, dan penelitian internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com