Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bidang Ilmu Unpad Masuk Pemeringkatan QS WUR by Subject 2024

Kompas.com - 12/04/2024, 10:12 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) berhasil meraih capaian positif pada pemeringkatan QS World University Rankings by Subject (QS WUR by Subject 2024) yang dirilis pada Rabu (10/4/2024) lalu.

Pada tahun ini, lima bidang ilmu di Unpad berhasil masuk pemeringkatan tersebut. Lima bidang ilmu tersebut, yaitu:

  • Law and Legal Studies (251 – 300)
  • Economics and Econometrics (401 – 450)
  • Agriculture (401 – 450)
  • Medicine (451 – 500)
  • Business and Management Studies (551 – 600).

Jumlah bidang ilmu yang terekognisi pemeringkatan tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah empat bidang ilmu.

Baca juga: Pendaftaran SMUP Unpad 2024, Tanpa Ujian Hanya Pakai Nilai UTBK

Lima bidang ilmu di Unpad masuk QS WUR by Subject 2024 

Agriculture menjadi bidang ilmu baru yang langsung masuk pada 500 besar pemeringkatan QS WUR by Subject.

Selain adanya tambahan satu bidang ilmu baru, peringkat bidang ilmu Unpad juga meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Bidang ilmu Law and Legal Studies berhasil masuk ke peringkat 251 – 300 dunia setelah sebelumnya berada peringkat 300 – 350.

Economics and Econometrics berhasil naik 50 peringkat setelah sebelumnya berada pada posisi 451 – 500. Bidang ilmu Medicine naik setelah sebelumnya berada pada posisi 500 – 551.

Sementara bidang ilmu Business and Management Studies berhasil mempertahankan posisinya seperti tahun sebelumnya.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengapresiasi capaian Unpad pada QS WUR by Subject. Hal ini menandakan upaya Unpad dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan riset yang terekognisi dunia menunjukkan hasil positif.

"Ini menunjukkan kualitas Unpad yang makin meningkat dari sisi penilaian forum internasional," kata Prof. Rina seperti dikutip dari laman Unpad, Kamis (11/4/2024).

Baca juga: Ini Prodi Peminat Terbanyak dan Terketat di Unpad Saat SNBP 2024

Rektor mengungkapkan, upaya peningkatan kualitas tersebut akan dihadapkan pada tantangan besar ke depan. Yaitu bagaimana Unpad mampu mempertahankan dan bahkan meningkatkan kembali.

Karena itu, praktik baik yang sudah dilakukan sivitas akademika Unpad harus tetap bisa menunjukkan luaran dan capaian yang optimal.

Praktik tersebut tentunya akan terus didukung oleh pimpinan melalui berbagai kebijakan yang mampu menstimulus peningkatan kualitas tridarma.

"Jadi, ada sinergi antara kebijakan dan program yang digagas universitas dengan semangat para dosen dan mahasiswa," imbuhnya.

Selain semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan riset, Rektor juga terus mendorong sivitas akademika untuk lebih banyak menjalin jejaring dengan komunitas akademik internasional.

Rektor berharap, sivitas akademika Unpad akan makin mudah bergaul dan diterima komunitas internasional.

"Frekuensinya harus lebih banyak, menjalin lebih banyak teman baru," tandas Rektor.

Baca juga: Jadwal 4 Jalur Mandiri UGM 2024, Ada yang Pendaftaran Dibuka 17 April

Rektor menambahkan, capaian positif yang diraih dalam QS WUR by Subject diharapkan mampu meningkatkan rekognisi Unpad pada pemeringkatan QS World University Rankings 2025.

"Selain bersyukur, kita harapkan sivitas akademika Unpad juga harus dijaga semangatnya dan kami di universitas mengimbangi dengan kebijakan dan program (mendukung)," pungkas Rektor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com