Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Jalur Mandiri Unhas dan Biaya Kuliahnya

Kompas.com - 11/04/2024, 13:12 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Hasanuddin (Unhas), ada beberapa jalur mandiri 2024 yang bisa kamu coba.

Dilansir dari laman resmi PMB Unhas, Kamis (11/4/2024) dijelaskan bahwa ada 6 jalur mandiri yang tersedia dan bisa dicoba para calon mahasiswa.

Adanya jalur mandiri Unhas 2024 ini bisa dicoba calon mahasiswa yang belum berhasil di jalur SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) maupun jalur SNBT 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Di laman resmi Unhas baru dijelaskan jalur mandiri yang dibuka namun informasi terkait jadwal pendaftaran belum ada keterangan lebih lanjut.

Baca juga: Jalur Mandiri IPB 2024: Cek Syarat dan Jadwal Pentingnya

Jalur Mandiri Unhas dan biaya kuliahnya

Jalur mandiri Unhas antara lain S1 Jalur Mandiri Ketua OSIS, S1 jalur Mandiri UTBK, S1 jalur mandiri Non-UTBK, jalur POSK (Penelusuran Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan), jalur mandiri Sarjana Terapan dan S1 Jalur Mandiri Kelas Internasional.

1. Jalur Mandiri Ketua OSIS

Jalur Mandiri Program Pembinaan Bakat Kepemimpinan bagi Ketua OSIS Unhas terbuka bagi lulusan SMA/Sederajat. Peserta dipersyaratkan pernah terlibat dalam kegiatan keorganisasian sebagai Ketua OSIS.

2. Jalur Mandiri UTBK

Jalur Mandiri Non Subsidi (JNS) UTBK adalah salah satu jalur seleksi mandiri yang menjaring calon mahasiswa dengan prestasi akademik di samping kemampuan finansial.

Penilaian terhadap peserta jalur JNS UTBK dilakukan berdasarkan skor nilai UTBK SNBT dan satu nilai materi ujian yang diselenggarakan oleh Unhas.

3. Jalur Mandiri Non-UTBK

Jalur Mandiri Non Subsidi (JNS) Non-UTBK juga menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik di samping kemampuan finansial.

Penilaian terhadap peserta jalur JNS Non UTBK dilakukan berdasarkan nilai ujian yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanuddin (tanpa memperhitungkan Nilai UTBK).

4. Jalur Mandiri POSK

Jalur Mandiri Prestasi Olah Raga, Seni, dan Keilmuan (POSK) merupakan salah satu jalur seleksi mandiri untuk menjaring calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik, olahraga, seni dan keilmuan.

Penilaian terhadap peserta jalur POSK dilakukan berdasarkan skor nilai UTBK SNBT dan nilai ujian yang diselenggarakan oleh Unhas.

5. Jalur Mandiri SarjanaTerapan

Jalur Mandiri Vokasi D4 Terapan Unhas terbuka untuk calon peserta lulusan SMA atau yang sederajat dalam tiga tahun terakhir (2022, 2023, 2024).

6. Jalur Mandiri Kelas Internasional

Jalur mandiri Unhas lainnya, yakni Kelas Internasional Unhas yang dibuka untuk lulusan SMA atau yang sederajat dalam tiga tahun terakhir (2022, 2023, 2024). Terdapat 13 program studi yang dibuka dalam Jalur Mandiri Kelas Internasional Unhas.

Baca juga: Cek 5 Jalur Mandiri USU dan Biaya Kuliahnya

Setelah tahu apa saja jalur mandiri Unhas yang dibuka, berikut biaya kuliah yang perlu dipersiapkan jika kamu diterima di Unhas mengacu pada biaya kuliah jalur mandiri Unhas pada tahun akademik 2023/2024 lalu.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com