Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 5 Jalur Mandiri USU dan Biaya Kuliahnya

Kompas.com - 09/04/2024, 08:51 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang ingin mendaftar di USU (Universitas Sumatera Utara) lewat jalur mandiri 2024, perlu tahu ada berapa jalur mandiri yang disediakan.

Dari hasil pantauan Kompas.com di laman resminya, Selasa (9/4/2024) USU belum memberikan informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru lewat jalur mandiri tahun akademik 2024/2025.

Namun jika mengacu pada jalur mandiri yang dibuka USU tahun lalu, ada 5 seleksi atau jalur masuk yang bisa kamu coba salah satu.

Berikut informasi mengenai jalur Mandiri USU dan biaya kuliah yang perlu kamu persiapkan.

Baca juga: Kenali 3 Jalur Mandiri ITS dan Biaya Kuliahnya

Jalur Mandiri USU dan biaya kuliahnya

1. Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) PTN Barat

SMM PTN Barat adalah jalur seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di wilayah Barat Indonesia yang seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

2. Seleksi Mandiri Internasional (SMI)

Seleksi Mandiri Internasional USU merupakan seleksi jalur Kelas Internasional bagi calon mahasiswa baru program Sarjana (S1) USU yang bukan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

3. Seleksi Berbasis Prestasi Unggul Talenta USU (SBPU Talenta)

Seleksi Berbasis Prestasi Unggul Talenta USU merupakan program penyaringan calon mahasiswa yang memiliki bakat/prestasi dalam bidang akademik dan non-akademik atau bakat khusus yang diakui ditingkat nasional maupun internasional.

4. Seleksi Mahasiswa Mandiri (SMM) Sarjana

Seleksi Mahasiswa Mandiri Sarjana diselenggarakan secara mandiri oleh USU ditujukan untuk siswa lulusan baru tingkat sederajat sekolah menengah atas sehingga dapat berkuliah di USU pada program Sarjana.

5. Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU)

Program studi di luar Kampus Utama merupakan program studi yang diselenggarakan di luar kampus utama atau di daerah lain.

Baca juga: Jalur Mandiri UIN Sunan Kalijaga Dibuka, Catat Syarat dan Jadwalnya

Calon mahasiswa yang berencana mendaftar di jalur mandiri USU, biaya kuliah yang perlu kamu persiapkan berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayar tiap semester. Dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) atau uang pangkal.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com