Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jalur Mandiri UNS Tanpa Tes, Ada Buat Ketua OSIS dan Pramuka

Kompas.com - 08/04/2024, 14:22 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) akan membuka jalur mandiri 2024. Jalur ini bisa dipilih siswa SMA atau SMK sederajat yang lulus di tahun ini.

Bahkan, jalur ini dikhususkan bagi mereka yang tidak lolos halur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024.

UNS memiliki banyak jalur mandiri, baik berdasarkan tes maupun tanpa tes.

Meski saat ini belum ada informasi resmi mengenai jalur mandiri UNS 2024, tapi siswa bisa mengetahui terlebih dahulu jalur mandiri tanpa tes yang dibuka UNS.

Baca juga: 10 PTN yang Membuka Jalur OSIS dan Pramuka

Berdasarkan pada pendaftaran jalur mandiri UNS di 2023, jadwal pendaftaran beberapa jalur mandiri ada yang dibuka bersamaan. Namun ada juga jalur mandiri yang dibuka pada bulan lain. 

Jalur mandiri tanpa tes UNS

Dilansir dari laman resmi UNS, Senin (8/4/2024), berikut empat jalur mandiri UNS tanpa tes yang bisa dicoba para calon mahasiswa.

1. Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SM UNS - SMJKM)

Seleksi Mandiri Jalur Kepemimpinan Muda (SMJKM) adalah jalur non tes UNS untuk menjaring calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat paling lama tiga tahun terakhir yang pernah mengemban tugas sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) minimal satu periode.

Persyaratan lain:

  • Mengunggah rapor asli dari sekolah mulai semester 1-5
  • Pernah menjadi Ketua OSIS atau ketua Pramuka yang dibuktikan dengan Surat keputusan dari Kepala Sekolah tentang susunan pengurus OSIS atau Pramuka.

Perkiraan jadwal pendaftaran jalur ini dibuka akhir Mei hingga awal Juni 2024.

Baca juga: Cerita Devy, Lulus S2 Kedokteran Unair yang Gapai IPK 4,00

2. Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SM UNS - SMJD)

Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD) diperuntukkan bagi calon mahasiswa disabilitas lulusan SMA/MA/SMK/SMALB atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir dan memiliki kemampuan akademik yang memungkinkan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Persyaratan lain:

  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Rapor asli dari sekolah, bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima), dan bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).
  • Rapor asli dari sekolah, bagi siswa kelas reguler, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima), dan bagi siswa kelas akselerasi, mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 4 (empat).
  • Surat keterangan dari dokter dan Psikolog yang menerangkan tentang status disabilitas yang dialami dan hasil tes IQ yang bersangkutan.
  • Mengikuti wawancara (pendaftar SMJD dan orangtua/wali), untuk memastikan bahwa yang bersangkutan tidak akan mengalami kesulitan mengikuti kegiatan perkuliahan terkait dengan disabilitasnya, lingkungan kampus UNS, dan program studi pilihannya.

Memiliki prestasi non-akademik (jika ada), antara lain:

  • Sertifikat prestasi kejuaraan bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya pada tingkat propinsi/nasional/ Internasional sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA/SMALB.
  • Sertifikat Hafidzul Al Quran (minimal 15 juz) atau hafalan Al-Kitab yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA/ SMALB.

Untuk jadwal pendaftaran jalur ini dibuka akhir Mei hingga awal Juni 2024.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com