Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

39.384 Siswa Pilih Universitas Brawijaya di UTBK SNBT 2024

Kompas.com - 08/04/2024, 12:04 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Brawijaya (UB) sudah mempersiapkan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer di Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024.

Koordinator Pelaksana SNBT UB, Heri Prawoto Widodo mengatakan bahwa jumlah pendaftar UB di UTBK SNBT hingga Kamis (4/4/2024) mencapai 39.384 calon mahasiswa dengan daya tampung 5.506.

“Dugaan saya UB terpilih sebagai perguruan tinggi terfavorit,” kata Heri

Heri menjelaskan, dari 39.384 pendaftar UTBK di UB, ada sebanyak 12 peserta merupakan siswa difabel.

Baca juga: Ini Respons BEM UI Setelah Ditantang KKN di Papua oleh TNI

Siap menjadi pusat UTBK 2024

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Imam Santoso mengaku UB sudah matang dan siap melaksanakan UTBK. Hal ini terlihat dari survei yang telah dilakukan mulai dari perangkat komputer, ruangan dan kapasitas yang tersedia untuk pelaksanaan ujian.

Demi kelancaran pelaksanaan UTBK dengan jumlah peserta yang banyak, Imam mengatakan ada 1.580 dan 226 cadangan sesuai spesifikasi yang disyaratkan dari Panitia Pusat UTBK.

Baca juga: Ini Akreditasi 22 Sekolah Kedinasan Kemenhub, Mulai B Sampai Unggul

Sementara dari segi keamanan, UB telah mengirimkan surat ke PLN untuk tidak memadamkan listrik selama pelaksanaan UTBK dan melibatkan tim yang bertugas mengawal jaringan tersebut.

“Setiap lokasi disiapkan genset yang standby sehingga apabila ada pemadaman atau gangguan mendadak. Jaringan Internet di dalam kampus bisa di optimalkan tidak ada kendala juga tersedianya server untuk lokasi-lokasi yang sudah di kondisikan. Sehingga dari dua kondisi faktor keamanan dapat dipastikan pelaksanaan UTBK di UB dapat berjalan dengan baik dan lancar,” kata imam, dilansir dari rilis UB. 

Lokasi UTBK SNBT 2024 di UB

“UB menyediakan sebanyak 62 ruang yang tersebar di 16 Lokasi yang menggunakan laboratorium komputer baik di rektorat maupun fakultas di kampus utama atau jalan Veteran,” kata Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru UB. 

Demi memperlancar jalannya UTBK, UB juga melibatkan sebanyak 644 pengawas yang bertugas secara bergantian selama tujuh hari.

“Selain itu ada juga petugas pelaksana UTBK di UB dengan total sebanyak 899 orang,” kata mantan Dekan FTP tersebut.

Baca juga: 6 UIN Terakreditasi Unggul di SNBT 2024,

Sebanyak 899 petugas pelaksana tersebut terdiri dari teknisi ruang 65 orang perhari yang terdiri dari petugas admin server lima orang per hari, petugas Admin TI 16 orang per hari, petugas penanggung jawab lokasi 16 orang per hari.

Lalu petugas penanggung Jawab TI Lokasi 16 orang per hari, petugas Teknisi Listrik 16 orang per hari, petugas keamanan dan metal detektor 31 orang per hari, petugas pembantu pelaksana seluruh ruang 70 orang per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com