Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali 3 Jalur Mandiri ITS dan Biaya Kuliahnya

Kompas.com - 06/04/2024, 15:40 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Apa saja jalur mandiri yang dibuka Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya perlu diketahui calon mahasiswa.

Mengacu pada penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri tahun 2023, ITS membuka tiga jenis jalur mandiri yang meliputi:

  • Jalur mandiri kemitraan
  • Jalur mandiri umum
  • Jalur mandiri prestasi untuk program sarjana reguler (S1) maupun sarjana terapan (D4).

Seleksi Mandiri merupakan satu dari tiga seleksi penerimaan program reguler yang dihadirkan oleh ITS, dengan pembobotan 50 persen dari total penerimaan.

Tujuan dari seleksi ini adalah sebagai jembatan antara calon mahasiswa baru dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ITS selain melalui jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Baca juga: Ini 5 Tips Lolos Masuk ITS Lewat UTBK SNBT 2024

ITS buka 3 jalur mandiri

Dilansir dari laman ITS, bagi pendaftar seleksi Mandiri jalur kemitraan dan umum diharuskan mengikuti lebih dulu Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang diadakan oleh ITS.

Sedangkan, bagi pendaftar jalur prestasi, seleksi akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademik atau non-akademik.

Untuk TKA terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bidang (TKB) dengan waktu pengerjaan masing-masing subtes adalah 90 menit.

Untuk pelaksanaannya sendiri akan dilakukan secara online (daring). Calon mahasiswa yang memilih jalur mandiri ini perlu mempersiapkan PC (personal computer) atau laptop yang dilengkapi dengan webcam, software berupa zoom meeting, dan internet dengan kecepatan lebih dari 5 Mbps.

Para pendaftar diminta untuk mengunggah sejumlah berkas yang diperlukan. Salah satunya adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Setelah melakukan registrasi, para pendaftar bisa langsung kembali ke beranda laman untuk kemudian memilih jalur seleksi yang ingin diikuti.

Dari hasil pantauan Kompas.com, terkait biaya kuliah di ITS lewat jalur mandiri belum ada informasi resmi. Namun jika mengacu pada biaya kuliah di ITS pada jalur mandiri tahun 2023, biaya kuliah yang dibutuhkan meliputi:

  • Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), yang dibayarkan setiap awal semester sebelum perkuliahan. Besaran biaya ditentukan ITS dalam tiga kategori dengan mempertimbangkan kemampuan orang tua melalui prosedur pelaporan saat daftar ulang.
  • Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), yang dibayarkan sekali selama terdaftar sebagai mahasiswa yaitu pada saat daftar ulang.
  • Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA), yang dibayarkan tiap semester bersamaan dengan pembayaran SPP mulai semester 2 sampai semester 6.


Baca juga: Sekian Biaya Kuliah Undip Per Semester Jalur SNBP dan SNBT 2024

Biaya kuliah ITS jalur mandiri

Berikut biaya kuliah di ITS jalur Mandiri mengacu pada biaya kuliah jalur mandiri tahun 2023. SPP Seleksi Mandiri di ITS dibagi menjadi 3 kategori yakni:

  • Rp 7.500.000
  • Rp 10.000.000
  • Rp 12.500.000

Uang Kuliah tersebut diatas untuk semua program studi yang bisa dipilih lewat jalur jalur Mandiri ITS 2023, kecuali program Joint Degree/Double Degree Teknik Sistem Perkapalan sebesar Rp 20.000.000

Berikut rinciannya biaya kuliah di ITS jalur Mandiri yang terdiri dari tarif minimal SPI dan tarif SPA minimal jalur Mandiri 2023:

1. Program Studi Fisika

  • Tarif SPI Mandiri: Rp 20 juta
  • Tarif SPA Semester 2-6: Rp 4 juta

2. Matematika

  • Tarif SPI Mandiri: Rp 25 juta
  • Tarif SPA Semester 2-6: Rp 5 juta

3. Statistika

  • Tarif SPI Mandiri: Rp 25 juta
  • Tarif SPA Semester 2-6: Rp 5 juta

5. Kimia

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com