Kompas.com - 30/07/2021, 10:04 WIB
Fakultas kedokteran Universitas Indonesia (UI), dulunya merupakan asrama prapatan 10 Dok. KompasFakultas kedokteran Universitas Indonesia (UI), dulunya merupakan asrama prapatan 10

KOMPAS.com - Sejarah berdirinya perguruan tinggi pertama di Indonesia bermula dari politik Etis yang diberlakukan pemerintah Hindia Belanda yang mana salah satu programnya ialah pendidikan.

Merangkum laman Kelas Pintar, program pendidikan ini mendorong hadirnya institusi pendidikan yang lebih tinggi, setelah sebelumnya hanya ada sekolah dasar untuk belajar membaca, menulis, dan menghitung.

Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal berkembangnya Universitas dan Fakultas di berbagai provinsi di Indonesia, termasuk Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya.

Kala itu, rintisan perguruan tinggi awalnya baru sebatas di bidang kesehatan. Dimulai pada tahun 1902, ketika di Batavia berdiri School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (School Tot Opleiding van Inlandsche Artsen atau dikenal sebagai Sekolah Dokter Bumi Putera).

Baca juga: 4 PTN dengan Jurusan Kedokteran Terbaik Indonesia Versi THE WUR 2021

Lalu, diikuti dengan NIAS (Nerderlandsch Indische Artsen School) di Surabaya, yang berdiri pada tahun 1913, hingga Sekolah tabib tinggi GHS (Geneeskundige Hooge School) yang didirikan pada tahun 1927.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut 10 perguruan tinggi tertua di Indonesia melansir Kelas Pintar, Jumat (30/7/2021):

1. Universitas Indonesia

Bermula dari Dokter-Djawa School Batavia yang didirikan pada tahun 1849, perguruan tinggi ini lantas berubah menjadi Universitas Indonesia pada tahun 1954.

UI adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dengan cakupan disiplin ilmu yang sangat luas. Setidaknya lebih dari 400.000 alumni telah dihasilkan kampus ini.

Melansir laman UI, latar belakang pendirian UI di masa kolonialisme adalah kebijakan eksploitasi bumiputera di tengah kondisi melonjaknya jumlah penduduk di Pulau Jawa oleh Pemerintah Hindia-Belanda menyebabkan permasalahan kesehatan berupa kurangnya tenaga kesehatan untuk menangani masyarakat, sehingga dibutuhkan dokter-dokter tambahan untuk membantu dokter yang sudah ada.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

UI kemudian didirikan sebagai sekolah kedokteran untuk menghasilkan dokter-dokter tambahan tersebut pada tahun 1849 dan menjadi cikal bakal Fakultas Kedokteran UI.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.