Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 15:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan 63 perguruan tinggi lain bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyelenggarakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Ada sebanyak 453 program studi yang dapat dipilih dalam program tersebut. RPL sendiri merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran (CP) seseorang yang diperoleh melalui pendidikan formal, nonformal, informal, dan pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal.

Program tersebut adalah bantuan pemerintah untuk mendorong perguruan tinggi dalam memberikan kesempatan atau akses kepada masyarakat yang telah memiliki capaian pembelajaran (CP).

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Program RPL, Masyarakat Putus Kuliah Bisa Lanjut S1-S2

Atau kompetensi yang diperoleh dari pendidikan formal sebelumnya, pendidikan nonformal, informal atau pengalaman kerja untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Di mana calon mahasiswa tidak perlu mengambil seluruh SKS pada program studi yang diminati, serta diberikan subsidi selama satu semester guna memperoleh kredit akademik melalui RPL di perguruan tinggi yang ditunjuk.

Dengan program tersebut, diharapkan bagi siapapun yang tidak sempat menyelesaikan pendidikan baik diploma, sarjana (S1), maupun magister (S2) dan sudah bekerja dapat melanjutkan pendidikan lagi dan terdorong untuk terus belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal di jenjang pendidikan tinggi.

Melansir laman dikti.go.id, Program RPL dibagi menjadi dua yaitu sarjana (S1) dan magister (S-2). Untuk RPL sarjana dapat berawal dari masyarakat lulusan SMA/Sederajat atau pernah kuliah dan sudah memiliki pengalaman kerja paling tidak dua tahun atau setidaknya memiliki sertifikat pelatihan yang jelas.

Baca juga: 10 Sarjana Tertua di Dunia, Bukti Pendidikan Tak Dibatasi Usia

Sedangkan untuk magister merupakan masyarakat yang sudah lulus sarjana atau pernah kuliah magister, tetapi tidak selesai akan tetapi memiliki pengalaman kerja atau memiliki pelatihan bersertifikasi yang jelas dapat mengikuti program tersebut dengan bantuan subsidi selama 1 semester.

Dilansir dari laman Unesa, bagi yang berminat untuk mendaftar program RPL di UNESA, ada beberapa langkah pendaftaran yang harus dilakukan. Ini rinciannya:

1. Pendaftaran melalui link: http://rpla.kemdikbud.go.ig/ Lalu klik daftar.

2. Isi formulir lengkap.

3. Lakukan aktivasi melalui email.

4. Setelah melakukan aktivasi, lakukan login melalui link: http://rpla.kemdikbud.go.id/.

5. Klik login yang berada di menu atas.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan SMA, D3-S1

6. Masukkan username dan password.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com