Kompas.com - 30/07/2021, 08:55 WIB
Kain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI. Dok. UIKain merah putih raksasa membentang di Gedung Rektorat Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Pemasangan kain merah putih tersebut dilakukan oleh delapan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala UI.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) menempati peringkat 1 sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Webomterics 2021.

UI juga merupakan satu-satunya kampus Indonesia yang masuk dalam 10 terbaik perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara, yakni peringkat ke-9. Di dunia, UI menempati posisi ke-729.

Baca juga: UB Posisi 4 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Berdasarkan keterangan resmi yang dirilis laman UI, Jumat (30/7/2021), memberitahukan UI dinilai terbaik dalam hal keterbukaan akses publikasi ilmiah, sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat dunia melalui jaringan Internet.

Pencapaian peringkat ini berdasarkan atas keberhasilan UI dalam memenuhi penilaian Webometrics yang terdiri atas tiga indikator penilaian yang dipergunakan, yaitu:

1. Visibility impact atau web contents impact  (bobot 50 persen) merupakan jumlah jaringan eksternal (subnets) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian dipilih nilai maksimum).

2. Openness (bobot 10 persen) merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Excellence (bobot 40 persen) merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks pada jurnal internasional bereputasi tinggi dengan sumber dari Scimago.

Dari indikator itu, dalam hal visibility atau dampak dari konten-konten yang berada di website, UI meraih ranking 436 dunia.

Kemudian pada indikator excellence yaitu jumlah artikel publikasi ilmiah yang terindeks pada Scimago, UI berada di peringkat 1250.

Baca juga: ITS Posisi 3 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2021

Sedangkan indikator openness berupa jumlah kutipan dari peneliti terbaik, UI berada di peringkat 761 dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.