[POPULER EDUKASI] 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia | Kuota Gratis Kemendikbud Ristek | Lulusan Paling Dibutuhkan

Kompas.com - 05/08/2021, 16:45 WIB
Ilustrasi teknologi layar sentuh (touchscreen) di berbagai perangkat penunjang kehidupan manusia. Ilustrasi teknologi layar sentuh (touchscreen) di berbagai perangkat penunjang kehidupan manusia.

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi membuat perusahaan di seluruh dunia mulai beradaptasi guna mengembangkan bisnis. Desain teknologi dan pengaplikasiannya, tentu membutuhkan pengetahuan dan orang-orang yang kompeten di dalamnya.

Saat ini saja, ada banyak pekerjaan baru yang berhubungan dengan teknologi. Apalagi, World Economic Forum (WEF) merilis laporan The Future Jobs yang berisi pekerjaan-pekerjaan yang diramalkan akan naik daun mulai tahun 2025 nanti.

Itu berarti, bagi kamu mahasiswa yang akan lulus empat tahun mendatang atau kamu kelas 12 yang akan memilih jurusan kuliah, sejumlah pekerjaan yang akan bersinar di tahun 2025 ini bisa menjadi pertimbangan untuk mengasah skill dan memilih jurusan kuliah. Daftar pekerjaan ini, menjadi top list berita yang paling banyak dibaca di kanal edukasi kompas.com.

Baca juga: Cair September 2021, Ini Cara Dapatkan Kuota Gratis Kemendikbud Ristek

Selanjutnya, pada urutan kedua membahas bantuan kuota internet yang diperpanjang Kemendikbud Ristek. Mulai jenjang PAUD hingga Mahasiswa, termasuk guru dan dosen mendapat bantuan yang sama besar dengan bantuan sebelumnya.

Berikut tiga berita populer seminggu sejak tanggal Kamis, (29/7/2021) hingga Kamis, (5/8/2021)

1. 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Zenius EducationDok. Zenius Zenius Education

World Economic Forum (WEF) memperkirakan ada 85 juta pekerjaan yang selama ini ditangani tenaga manusia yang akan digantikan oleh mesin.

Menurut prediksi WEF, di tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada. Dengan begitu, lulusan perlu meningkatkan skill agar tak tergantikan oleh mesin.

Melansir laman Zenius, ada 10 pekerjaan yang diprediksi anak naik daun di dunia, termasuk di Indonesia, 5 tahun mendatang. Semua pekerjaan ini, berhubungan dengan teknologi. Apa saja daftarnya? Berikut tautannya

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Langka di Indonesia

2. Kuota Gratis Kemendikbud Ristek Diperpanjang, Berapa Besarannya?

Tangkapan layar laman bantuan kuota internet Kemendikbud RistekKemendikbud Ristek Tangkapan layar laman bantuan kuota internet Kemendikbud Ristek

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.