Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Hal Ini Membuat Jurusan Teknik Informatika Populer

Kompas.com - 21/05/2021, 11:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semakin pesatnya pertumbuhan teknologi, membuat banyak sekolah atau perguruan tinggi yang menyediakan jurusan berhubungan dengan teknologi semakin populer.

Salah satunya, jurusan Teknik Informatika atau IT bisa dibilang salah salah satu jurusan kuliah terfavorit di era sekarang.

Banyak juga siswa yang mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk memilih jurusan ini.

Apalagi, di luar negeri serapan tenaga itu sangat tinggi dan dicari banyak orang. Meski di Indonesia serapan tenaga IT memang belum maksimal, tidak ada salahnya memilih jurusan ini untuk bekerja.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 PTN dengan Kuota Jalur Mandiri Terbanyak

Melansir dari Instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi di @diktivokasi, ini alasan mengapa jurusan ini peminatnya sangat tinggi:

Meningkatnya kebutuhan industri

Di era yang serba digital ini penggunaan internet semakin marak dilakukan terlebih untuk mendukung efisiensi kerja seseorang.

Diperkirakan kebutuhan akan internet pun akan terus meningkat dalam bisnis profesional.

Lulusan jurusan yang dinilai sangat krusial dan merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan keberhasilan bisnis tersebut. Hal ini disebabkan disebabkan karena semua data saat ini di digitalisasi.

Apalagi, penggunaan Internet semakin marak dilakukan terlebih untuk mendukung efisiensi kerja seseorang. Kebutuhan internet semakin tinggi dari tahun ke tahun.

Lulusan jurusan IT dinilai mampu menyokong keberhasilan bisnis di semua lini perusahaan karena kemampuan mereka dalam hal digitalisasi.

Baca juga: Jalur Mandiri Simak UI 2021: Daya Tampung Prodi S1 dan Biaya Kuliah

Peluang kerja yang tinggi

Jika berbicara tentang peluang kerja lulusan teknik informatika. Termasuk, memiliki kesempatan yang cukup tinggi untuk bekerja.

Selain itu mereka juga berpeluang untuk bekerja secara independen misalnya menjadi seorang konsultan IT atau pendiri software house dan startup sekalipun.

Prospek kerja lulusan Teknik Informasi cukup luas dan bervariasi. Misalnya ahli jaringan, software engineer and developer, konsultan, analis, keamanan sistem dan jaringan.

Job desk jurusan ini, mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam sebuah bisnis.

Berbekal ketertarikan terhadap dunia informatika diciptakan

Bagi kamu yang masuk ke dalam bagian generasi milenial pasti sudah cukup familiar dengan Permainan online.

Makanya, tidak heran jika kamu memiliki ketertarikan terhadap jurusan IT adanya ketertarikan tersebut kemudian bisa saja mendorong kamu untuk berpikir bagaimana permainan online diciptakan. 

Baca juga: Ini Prospek Kerja bagi Kamu yang Kuliah di Bidang Kuliner

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com