Kompas.com - 05/08/2021, 14:31 WIB
Ilustrasi rumput laut PIXABAY/ PHOTOSFORYOUIlustrasi rumput laut
|

KOMPAS.com - Pembungkus makanan dari styrofoam sudah populer di masyarakat. Tetapi, kemasan itu ternyata mengandung zat berbahaya yang tidak baik bagi tubuh.

Selain tidak ramah lingkungan, styrofoam juga mengandung senyawa benzena dan styrene yang memiliki efek samping bagi kesehatan.

WHO juga menyatakan jika benzena dapat memicu munculnya sel kanker. Sedangkan styrene dapat mengakibatkan berbagai persoalan kesehatan seperti sakit kepala, gangguan saraf, leukemia dan lainnya.

Baca juga: Ini Syarat dan Cara Daftar Bantuan UKT Rp 2,4 Juta Kemendikbud Ristek

Terkait hal itu, empat mahasiswa UGM mencari solusi untuk mengurai persoalan yang ada. Mereka kemudian menggagas pengembangan kemasan makanan yang aman bagi kesehatan.

Tentu kemasan makanan itu ramah lingkungan, sebab terbuat dari rumput laut sebagai pengganti kemasan styrofoam.

Menurut ketua tim pengembang, Ilham Firdhausi, keberadaan rumput laut di Indonesia cukup melimpah dan berpotensi digunakan sebagai bahan kemasan di masa depan yang aman dan ramah lingkungan.

Ilham menjelaskan pemilihan rumput laut sebagai bahan kemasan karena di dalamnya mengandung senyawa karagenan.

"Senyawa ini merupakan salah satu fikokoloid yang menunjukkan kemampuan pembentukan film yang sangat baik," ujarnya seperti dikutip dari laman UGM, Kamis (5/8/2021).

Dalam pembuatan bioplastik rumput laut ini menggunakan karagenan sebagai bahan utama. Lalu, diberikan penambahan bahan pendukung yaitu gliserol, air dan beeswax.

Berikutnya, karagenan dicampur dengan air dan gliserol untuk dipanasakan lalu diberikan tambahan beswax.

Baca juga: Pakar UGM: Perawatan Paliatif di Masa Pandemi Bisa Online Meeting

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.