Kompas.com - 09/05/2021, 08:15 WIB
Labolatorium Psikologi Terapan (LPT) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerjunkan tim untuk memberikan bantuan psikososial bagi penyintas bencana alam gempa bumi di Malang. Tangkap layar laman UMMLabolatorium Psikologi Terapan (LPT) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerjunkan tim untuk memberikan bantuan psikososial bagi penyintas bencana alam gempa bumi di Malang.
|
Editor Dian Ihsan


KOMPAS.com - Terjadinya bencana alam selain bisa merusak sarana dan prasarana suatu daerah juga bisa meninggalkan trauma bagi masyarakat.

Butuh sejumlah perlakuan khusus agar masyarakat bisa melupakan bencana alam yang menimpa daerahnya. Perlakuan khusus ini penting dilakukan khususnya bagi kalangan anak-anak agar tidak mengalami trauma.

Termasuk gempa bumi yang menggoncang Malang Selatan, Jawa Timur beberapa minggu lalu.

Untuk mengeliminir dampak psikologi bagi para penyintas, Labolatorium Psikologi Terapan (LPT) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menerjunkan tim untuk memberikan bantuan psikososial bagi penyintas bencana.

Gempa bermagnitudo 6,1 mengguncang Kabupaten Malang dan sekitarnya pada Sabtu (10/4/2021) lalu.

Tak hanya di Malang, gempa tersebut juga dirasakan di beberapa wilayah Jawa Timur lainnya bahkan hingga Bali dan Lombok.

Baca juga: Mobil KaCa UMM, Sarana Trauma Healing Anak-anak Korban Gempa di Malang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dampingi psikososial anak-anak korban gempa

Salah satu relawan, Yogha Setiawan, menerangkan, kegiatan psikososial di Tirtoyudo Desa Jogomulyan akan berlangsung selama satu minggu. Kegiatan ini akan berfokus pada psikososial untuk anak-anak penyintas gempa.

"Selain kesehatan dan logistik yang terganggu, para penyintas juga mendapat guncangan psikologis pasca gempa. Agar tidak mempengaruhi aktivitas para penyintas kedepannya, kami dari tim LPT memberikan bantuan psikososial untuk mengurangi efek dari bencana gempa tersebut," kata mahasiswa Psikologi ini seperti dikutip dari laman UMM, Sabtu (8/5/2021).

Baca juga: Calon Mahasiswa, UNY Buka 7 Jalur Seleksi Mandiri

Kegiatan yang dilakukan

Rangkaian program psikososial yang dilakukan tim dari UMM meliputi:

1. Psychology First Aid (PFA)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X