Kompas.com - 11/03/2021, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Di musim penghujan, selain bencana banjir, beberapa daerah di Indonesia juga rawan terjadi tanah longsor. Bencana ini tentu rawan bagi warga yang tinggal di daerah lereng atau perbukitan.

Tanah longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Bahkan di awal tahun 2021, bencana tanah longsor juga terjadi di Indonesia dan mengakibatkan korban meninggal dunia cukup banyak.

Baca juga: Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah ala Ahli Tikus IPB

Intensitas hujan yang tinggi karena adanya fenomena siklus angin La Nina dilihat sebagai pemicu utama peristiwa bencana tanah longsor.

Dua faktor penyebab tanah longsor

Dari kacamata Ketua Pusat Studi Manajemen Bencana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) Eko Teguh Paripurno, penyebab tanah longsor dapat diklasifikasikan menjadi dua.

1. Faktor kontrol

Yaitu faktor yang statis dan tidak berbahaya selagi tidak dipengaruhi oleh faktor pemicu. Termasuk sebagai faktor kontrol yaitu situasi tanah batuan, geologi sekitar, dan tata ruang.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Obat Herbal Penurun Asam Urat

2. Faktor pemicu

Merupakan pendorong dan penambah beban dari faktor kontrol. Termasuk sebagai faktor pemicu yaitu intensitas hujan yang tinggi dan getaran yang disebabkan oleh gempa, penambahan rumah, dan kendaraan.

"Pada prinsipnya tanah sebagai faktor kontrol sudah jenuh. Sehingga yang mulanya stabil menjadi tidak stabil dan kritis atau longsor karena ditambah faktor pemicu yaitu intensitas hujan tinggi menambah kejenuhan dari tanah di area longsor tersebut," kata Eko Teguh mengutip dari laman upnyk.ac.id, Rabu (10/3/2021).

Baca juga: Apa itu Love Scam dan Upaya Pencegahannya? Begini Kata Dosen UGM

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.