Kompas.com - 08/05/2021, 15:39 WIB
Edhi Tjahja Negara pada National Innovation Challenge secara virtual, Sabtu (8/5/2021). Tangkapan layar Zoom HSBC IndonesiaEdhi Tjahja Negara pada National Innovation Challenge secara virtual, Sabtu (8/5/2021).
|

KOMPAS.com - Banyak orang tidak menyangka akan ada pandemi Covid-19. Bahkan pandemi berlangsung cukup lama. Imbasnya tentu ada pada sektor ekonomi.

Bagi yang tidak punya dana cadangan (tabungan) bakal kelabakan dengan pandemi ini. Mereka akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya.

Untuk itulah penting sekali seseorang punya bekal kemampuan finansial atau paham mengenai literasi keuangan. Dengan begitu, orang akan berpikir memiliki dana cadangan yang dapat digunakan sewaktu-waktu.

Baca juga: Siswa, Ini 5 Fakta Palung Mariana

Seperti halnya dengan adanya pandemi Covid-19, jika seseorang punya dana cadangan, maka kehidupannya tidak akan terganggu.

Apalagi jika sejak dini atau ketika masih muda sudah dibekali dengan literasi keuangan, maka di masa akan datang kehidupannya akan lebih baik.

Akan tetapi, hasil dari Sensus Penduduk 2020 memperlihatkan komposisi penduduk Indonesia didominasi Gen Z (rentang usia 8-23 tahun) dengan jumlah 74,93 juta jiwa, atau 27,94 persen dari total populasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya, indeks literasi keuangan sebagian dari kalangan tersebut khususnya usia 15-17 (tergolong sebagai pelajar sekolah menengah atas), baru 16 persen.

Angka ini bahkan lebih rendah dari indeks literasi keuangan nasional yang mencapai 38,03 persen. Padahal, tingkat literasi keuangan ternyata berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat.

Terkait hal itu, Bank HSBC Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menghadirkan Building a Financially Capable Generation (BaFCG/Generasi Mapan Finansial).

Yakni terobosan baru untuk membantu generasi muda dalam mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri untuk membuat keputusan finansial yang bijak dan meraih kemapanan finansial.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X