Kompas.com - 05/03/2021, 20:42 WIB
Ilustrasi kesehatan mental. DOK. PIXABAYIlustrasi kesehatan mental.

KOMPAS.com - Banyak suka duka yang dialami mahasiswa selama menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena adanya pandemi Covid-19. Salah satunya mungkin kerinduan mengikuti pembelajaran di dalam kelas, berdiskusi hingga melakukan kegiatan organisasi.

Dengan perubahan drastis rutinitas selama pandemi ini, selain menjaga agar tubuh tetap bugar, kesehatan mental juga perlu diperhatikan.

Tema ini diangkat dalam webinar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY). Dengan adanya webinar ini, bisa memberi pemahaman jika dalam masa pandemi Covid-19 ini, seluruh proses perkuliahan harus tetap dilaksanakan.

Baca juga: Djarum Buka Beasiswa Mahasiswa D4-S1, Tunjangan Rp 1 Juta Per Bulan

Sehingga perlu adanya pemahaman serta tips dan trik dalam mengelola kesehatan jiwa selama kuliah daring.

Suka duka kuliah daring

Dosen FISIP UAJY Dr. V. Sundari Handoko, M.Si. mengatakan, ada banyak tantangan kuliah daring yang dialami mahasiswa.

Menurut Sundari, jika kuliah daring pasti memiliki dampak positif dan juga adanya tantangan yang dihadapi.

Dampak positif yang dirasakan adalah fleksibilitas waktu yang dirasakan mahasiswa. Sedangkan tantangan yang dihadapi adalah berkurangnya fokus dan rasa terisolasi.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

“Perasaan terisolir bisa muncul bisa jadi merasa tertekan karena kurang leluasa untuk bisa bertemu siapapun,” jelas Sundari seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (5/3/2021).

Tips cegah insomnia

Sementara itu Psikolog Rumah Sakit Jiwa Ghrasia Yogyakarta Herlini Utari, M.Psi mengungkapkan, tips dan trik mengelola kesehatan mental selama kuliah daring.

Herlini memberikan saran mengenai cara menghadapi insomnia yakni dengan menjaga pola makan dan berusaha membiasakan diri tidak beraktivitas di atas kasur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X