Kompas.com - 05/03/2021, 11:27 WIB
Di media sosial Facebook, tersebar informasi yang menyebut jambu kristal putih dapat menangkal virus corona Covid-19. FACEBOOKDi media sosial Facebook, tersebar informasi yang menyebut jambu kristal putih dapat menangkal virus corona Covid-19.

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, ada banyak klaim seputar pengobatan Covid-19 yang narasinya seolah-olah bisa mengatasi Covid-19.

Salah satunya, tentang klaim jambu kristal putih yang disebut berkhasiat tinggi menangkal Covid-19.

Jambu kristal putih dinggap bisa menjadi penangkal Covid-19 karena kandungan gizinya. Jambu kristal putih katanya memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk.

Narasi jambu kristal putih pernah dimuat dalam akun Facebook atas nama Mamax Arya Membiri. Dalam unggahannya pada 26 Januari 2021, dituliskan "Ready jambu kristal putih, penangkal korona, bervitamin C tinggi, lebih tinggi dari buah jeruk, nggak percaya buka google aja,"

Tentu saja info jika jambu kristal bisa mengatasi Covid-19 langsung viral di media sosial. Tak sedikit pula, ada yang tertarik ingin mencoba buah ini sebagai alternatif pengobatan Covid-19. 

Baca juga: Ramai Soal Varian Corona B117 , Pakar UGM Minta Masyarakat Tak Panik

Kabar di media sosial tidak benar

Namun, Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM), Aviria Eramilia, menyebut kabar di media sosial terkait jambu kristal putih bisa mencegah Covid-19 tidak benar.

Hingga saat ini, belum ada makanan yang secara spesifik digunakan untuk mencegah atau sebagai antivirus Covid-19, begitu pula dengan jambu kristal putih.

"Belum ada studi klinis khusus terkait jambu kristal putih sebagai penangkal Covid-19," ucap Aviria, mengutip laman resmi ugm.ac.id.

Disisi lain, pemerintah sendiri melalui covid.go.id menyebutkan jika informasi tersebut masuk dalam kategori informasi menyesatkan atau misleading content.

Dosen Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini menjelaskan jika dalam jambu kristal putih kaya akan kandungan gizi. Di dalamnya terkandung banyak vitamin, mineral, serta serat yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Setahun Corona di Indonesia, Pakar UGM Ragu Pandemi Reda Bulan Agustus

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X